Pertamina Harus Segera Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Cilacap

    Insi Nantika Jelita - 12 Juni 2021 17:48 WIB
    Pertamina Harus Segera Investigasi Penyebab Kebakaran Kilang Cilacap
    Gedung Pertamina. Foto: dok Pertamina.



    Jakarta: Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) Fabby Tumiwa mendorong PT Pertamina (Persero) melakukan investigasi penyebab terbakarnya tangki minyak di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat, 11 Juni 2021.

    "Kalau diberitakan media, kebakaran di salah satu tangki berisi benzene diduga disebabkan oleh sambaran petir. Tentunya, perlu dilakukan investigasi yang mendalam atas penyebab sebenarnya," ujar pengamat energi tersebut kepada wartawan, dilansir dari Mediaindonesia.com, Sabtu, 12 Juni 2021.

     



    Selain itu, Pertamina juga diminta melakukan pemeriksaan, bahkan audit tingkat keandalan proteksi kilat (surge/lightning protection) pada seluruh tangki kilang Cilacap dan fasilitas lainnya. Namun, kata Fabby, untuk audit tersebut memerlukan waktu yang cukup.

    Pertamina bisa menunjuk konsultan mandiri untuk melakukan lightning protection itu. "Prosesnya bisa saja ada mekanisme procurement atau menunjuk konsultan independen, site inspection (pemeriksaan tapak) dan review data-data tersebut. Perlu waktu tapi saya tidak tahu berapa lama," pungkas Fabby.

    Pertamina menyatakan, tangki yang terbakar di Kilang Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat, 11 Juni 2021 malam, hanya berisikan 1/3 produk Benzene atau sebanyak 1.100 barel dari kapasitas tanki 3.000 barel. Benzene disebut produk kilang yang merupakan bahan dasar untuk petrochemical, tidak terkait dengan produk bahan bakar minyak (BBM) atau LPG.

    Area Manager Communication, Relations, dan CSR, Kilang Pertamina Cilacap Hatim Ilwan mengungkapkan, pihaknya masih mengusut penyebab kebakaran tersebut. "Penyebab kebakaran belum diketahui," ucapnya dalam keterangan resmi.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id