Masyarakat Kutai Kartanegara Mulai Nikmati Gas Bumi

    Suci Sedya Utami - 23 Februari 2021 21:51 WIB
    Masyarakat Kutai Kartanegara Mulai Nikmati Gas Bumi
    PGN. Foto : MI.


    Kutai Kartanegara: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menyalurkan gas perdana (gas in) pada pelanggan rumah tangga di Kutai Kartanegara. Gas ini dilakukan bertahap hingga Juni 2021.

    Peryaluran gas bumi ini dilakukan sejalan dengan telah diselesaikan pembangunan jaringan gas (jarjas). Area Head PGN Jakarta Sheila Merlianty menjelaskan sebanyak 2.301 Sambungan Rumah (SR) telah rampung dibangun dengan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.




    Sambungan tersebut tersebar di Desa Semangko; Desa Sebuntal; dan Desa Bunga Putih, Kecamatan Kartanegara, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sumber pasokan berasal dari Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dengan alokasi pasokan sekitar 0,1 juta standar kaki kubik (MMSCFD).

    “Kami berharap pembangunan jargas ke depan akan lebih massif. Gas bumi merupakan energi baik yang praktis, efisien, aman, dan stabil 24 jam nonstop untuk penggunaan sehari-hari, sehingga rumah tangga mendapatkan manfaat langsung,” kata Sheila dalam keterangan resmi, Selasa, 23 Februari 2021.

    Di wilayah Kutai Kartanegara, sekitar 5.000 SR yang dibangun dengan dana APBN 2019 juga telah dinikmati oleh masyarakat setempat dan saat ini dioperasikan oleh PT Pertagas Niaga. Kemudian per November 2020 lalu, Pertagas Niaga menambah jargas sebanyak 1.176 SR dengan APBN 2020.

    Pada tahun 2021, PGN akan membangun jargas dengan dana APBN sebanyaK 120.776 SR. Serta lebih dari 360.000 SR dengan skema mandiri dan kerja sama.
     
    Sebelum dilakukan gas in, PGN telah terlebih dahulu mengedukasi  masyarakat mengenai manfaat penggunaan gas bumi, harga gas bumi, tata cara perhitungan dan pembayaran gas bumi, tips penggunaan peralatan gas yang aman, tanggung jawab antara PGN dan pelanggan, serta penanganan saat kondisi emergency. Masyarakat juga diajak untuk bersama-sama menjaga dan peduli terhadap kehandalan infrastruktur gas bumi di lingkungan sekitar.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id