BUMN Genjot Kemudahan Pendanaan UMKM Melalui Aplikasi Warung Pangan

    Annisa ayu artanti - 04 Desember 2020 13:29 WIB
    BUMN Genjot Kemudahan Pendanaan UMKM Melalui Aplikasi Warung Pangan
    Ilustrasi. FOTO: MI/Bagus Suryo
    Jakarta: PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics kembali melakukan inovasi dalam bisnisnya untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bangkit dari pandemi covid-19. Dukungan terhadap UMKM menjadi penting mengingat memiliki peran penting dalam perekonomian.

    Direktur Keuangan & SDM BGR Logistics Irma Setyowati mengatakan pihaknya menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam fitur baru pada aplikasi Warung Pangan yaitu WP Fund guna membantu UMKM.

    "Melalui aplikasi Warung Pangan berperan sebagai media yang membantu para mitra Warung Pangan untuk mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat) langsung dari Bank Mandiri dan BRI sehingga mitra dapat terbantu untuk mengembangkan usaha warungnya," kata Irma, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 4 Desember 2020.

    Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srianita Ginting menjelaskan fitur WP Fund tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan BUMN terhadap pengembangan UMKM.

    "Sehubungan dengan besarnya dampak covid-19 pada UMKM dan memperhatikan peranan UMKM yang strategis dalam perekonomian Indonesia, sepertinya diperlukan kolaborasi dalam upaya mendukung bangkitnya UMKM, tidak hanya antarBUMN tetapi juga meliputi kementerian, lembaga, otoritas, akademisi, dan stakeholders lainnya," jelas Loto.

    Sementara terkait kondisi UMKM saat ini, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM Victoria Simanungkalit menuturkan, kondisi UMKM sangat terdampak dari pandemi covid-19.

    Berdasarkan survei Mandiri Institute yang dilakukan terhadap UMKM pada Agustus-September 2020 menyatakan 67 persen UMKM menggunakan kanal daring dalam promosi dan penjualan untuk bertahan lebih lama dalam menghadapi pandemi ini.

    Pemerintah telah berupaya melakukan berbagai intervensi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dari mulai restrukturisasi kredit, keringanan pajak hingga Banpres Produktif untuk usaha mikro. Adapun penambahan fitur WP Fund dinilai sebagai alternatif pembiayaan untuk UMKM warung sebagai mitra warung pangan.

    "Penambahan fitur WP Fund kami yakini menjadi solusi untuk mengatasi kebutuhan pembiayaan warung yang tergabung menjadi Mitra Warung Pangan," ungkap Victoria.

    SVP Micro Development and Agent Banking Bank Mandiri Ashraf Farahnaz mengatakan dukungan pada program pembiayaan berbasis platform digital bagi Mitra Warung Pangan BGR Logistics ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk mengakselerasi program PEN melalui penguatan permodalan UMKM dengan mekanisme yang mudah dan handal.

    "Selain dengan pemanfaatan fitur WP Fund pada aplikasi Warung Pangan untuk mengakses KUR sebagai tambahan modal, mitra Warung Pangan juga akan mendapatkan kemudahan persyaratan pengajuan agar cepat mendapatkan approval," pungkas Ashraf.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id