Agar Investor Lirik RI, Pemerintah Harus Terus Fokus Tangani Covid-19

    Eko Nordiansyah - 13 Oktober 2020 20:45 WIB
    Agar Investor Lirik RI, Pemerintah Harus Terus Fokus Tangani Covid-19
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diharapkan tetap fokus untuk mengutamakan penanganan pandemi covid-19, sebelum mendorong upaya pemulihan ekonomi. Pasalnya apabila pandemi tidak bisa ditangani secara cepat, maka pemulihan ekonomi akan sulit dicapai.

    "Kondisi sekarang, kita memikirkan penanganan covid menjadi yang paling utama. Jangan sampai detailing dari recovery," kata Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro dalam seminar virtual di Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Andry mencontohkan Vietnam menjadi salah satu negara yang berhasil menangani covid-19 sehingga mulai bisa memanfaatkan kondisi yang ada di dunia. Bahkan, Vietnam berhasil menarik perusahaan yang keluar dari Tiongkok akibat pandemi ini.

    "Seperti Vietnam itu sudah bisa memanfaatkan relokasi manufaktur dari Tiongkok. Karena mereka bisa menahan kasus covid. Jadi semakin lama kita berkutat masalah covid, makin kecil peluang investor di sini," jelas dia.

    Oleh karena itu, pemerintah diharapkan mampu menjaga permintaan masyarakat bisa tumbuh melalui pengendalian covid-19. Pasalnya di kalangan menengah atas, permintaan cukup landai karena orang menahan belanja akibat ketidakpastian covid-19.

    Stimulus melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga dinilai penting untuk memberikan dorongan terhadap daya beli. Ketika permintaan tumbuh, maka produksi akan meningkat, sehingga investasi otomatis juga akan masuk.

    "Kebijakan stimulus di 2021 untuk mendorong daya beli, itu masih dibutuhkan. Ini untuk pemerintah ketika menyajikan APBN 2021. Karena kita tahu bahwa APBN 2021, kesatuan dengan 2020 dan nanti 2022. Jadi 2020 kita temanya relief, 2021 restart, dan 2022 recovery," pungkas dia.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id