Ketinggalan Daftar Kartu Prakerja, Tenang Masih Ada Gelombang 16

    Eko Nordiansyah - 21 Maret 2021 13:04 WIB
    Ketinggalan Daftar Kartu Prakerja, Tenang Masih Ada Gelombang 16
    Ilustrasi. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra



    Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menutup pendaftaran peserta gelombang 15 pada Minggu 21 Maret 2021 pukul 12.00 WIB. Para peserta yang ketinggalan untuk mendaftarkan diri masih memiliki kesempatan di gelombang 16.

    "Gelombang 16 dibuka setelah pengumuman hasil seleksi gelombang 15," kata  Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu kepada Medcom.id di Jakarta, Minggu, 21 Maret 2021.

     



    Kendati begitu, kuota yang tersedia untuk gelombang 16 tersedia hanya untuk 300 ribu peserta saja. Pasalnya pemerintah menetapkan total 2,7 juta kuota peserta, dengan 1,8 juta peserta sudah terpenuhi dari penerimaan di empat gelombang sebelumnya.

    Louisa menambahkan, PMO hanya melaksanakan keputusan Komite Cipta Kerja yang diketuai oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Artinya PMO hanya akan memenuhi jumlah peserta sesuai dengan kuota yang telah disediakan pemerintah.

    "Pada saat membuka gelombang 12, Menko (Perekonomian) mengatakan bahwa dana Rp10 triliun digunakan selama satu semester dengan kuota 2,7 juta penerima. Jadi benar, sisa kuota kami untuk gelombang 16 adalah 300 ribu," jelas dia.

    Pemerintah sebelumnya berencana menaikkan anggaran program kartu prakerja tahun ini menjadi Rp20 triliun. Jadi, ada tambahan Rp10 triliun lagi dari yang saat ini sudah direalisasikan. Namun Louisa menyebut, tambahan anggaran ini masih menunggu kepastian.

    "Anggaran yang sudah definitif adalah Rp10 triliun untuk satu semester dengan 2,7 juta penerima dalam skema yang sama persis seperti tahun 2020. Anggaran total Rp20 triliun adalah indikasi, tetapi kami masih menunggu arahan," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id