Kebijakan PPKM Mikro Diklaim Mampu Mengendalikan Pandemi

    Eko Nordiansyah - 22 Maret 2021 11:02 WIB
    Kebijakan PPKM Mikro Diklaim Mampu Mengendalikan Pandemi
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.



    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengklaim kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro yang saat ini diberlakukan telah mampu mengendalikan pandemi covid-19 di Indonesia.

    "PPKM mikro berhasil menekan angka kasus aktif, tingkat kematian dan bed occupancy ratio (BOR), dan meningkatkan tingkat kesembuhan," kata Airlangga dalam webinar di Jakarta, Senin, 22 Maret 2021.






    Ia menambahkan, berbagai indikator seperti kasus aktif dan tingkat kesembuhan di Indonesia lebih baik dibandingkan rata-rata global. Hal ini, lanjut dia, mengindikasikan bahwa situasi pandemi di Indonesia sudah mulai berangsur membaik.

    "Angka persentase kasus aktif dan tingkat kesembuhan sudah lebih tinggi rata-rata global. Per 18 Maret 2021, persentase kasus aktif 9,13 persen, sedangkan global 17,2 persen, tingkat kesembuhan 88,16 persen, di atas global yang 80,59 persen," ungkap dia.

    Pemerintah sebelumnya memperpanjang kebijakan PPKM mikro mulai 23 Maret sampai 5 April 2021. Kebijakan ini juga diperluas dengan menambah lima provinsi, yaitu Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

    Airlangga menyebut, momentum pemulihan ini perlu dijaga. Untuk itu, penerapan kebijakan PPKM mikro juga dibarengi dengan program vaksinasi, serta percepatan realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan implementasi Undang-Undang Cipta Kerja.

    "Untuk menjaga momentum pemulihan kesehatan dan ekonomi, pemerintah menyiapkan beberapa langkah, diantaranya pulihkan rasa aman bagi masyarakat dengan percepatan vaksinasi, pemberlakuan PPKM mikro untuk menekan laju penyebaran covid-19, dan percepatan realisasi belanja pemerintah di kuartal I-2021," pungkasnya.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id