comscore

Hadapi Musim Tanam, Mentan Pastikan Pupuk Subsidi Tersedia di Kalimantan dan Sulawesi

Annisa ayu artanti - 14 April 2021 13:02 WIB
Hadapi Musim Tanam, Mentan Pastikan Pupuk Subsidi Tersedia di Kalimantan dan Sulawesi
Ilustrasi stok pupuk bersubsidi - - Foto: Kementan
Jakarta: Pemerintah memastikan alokasi pupuk subsidi tersedia menjelang masa musim tanam pada April dan Mei 2021. Pasalnya, pupuk merupakan hal krusial bagi petani menjelang musim tanam.

"Pupuk adalah hal yang penting bagi petani. Khususnya saat memasuki musim tanam. Oleh sebab itu, Kementerian Pertanian selalu memantau dan berkomunikasi dengan produsen pupuk untuk memastikan jika stok pupuk bersubsidi mencukupi bagi petani," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 April 2021.
Untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi, pupuk subsidi akan dipasok oleh Pupuk Kaltim. Adapun delapan wilayah yang menjadi tanggung jawab atas pengadaan penyaluran pupuk bersubsidi tersebut adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

Hingga 7 April 2021, Pupuk Kaltim telah menyalurkan 306.038 ton pupuk bersubsidi (Urea dan NPK). Pupuk Kaltim juga tengah menyiapkan 217.499 ton pupuk subsidi dan 95.008 ton pupuk nonsubsidi di seluruh wilayah distribusi Pupuk Kaltim untuk memenuhi kebutuhan petani.

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menambahkan dengan pupuk bersubsidi pemerintah berharap petani bisa meningkatkan produktivitasnya.

"Selain itu, juga meningkatkan produksi pangan dan komoditas pertanian, melindungi petani dari gejolak harga pupuk, mendorong penerapan pemupukan berimbang, juga memberikan jaminan ketersediaan pupuk," ujar Sarwo.

Sementara itu, Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi memastikan produksi dan distribusi pupuk dari Pupuk Kaltim akan aman selama periode musim tanam pertama 2021.

Perusahaan telah mengimplementasikan teknologi berbasis industri 4.0 di seluruh lini perusahaan, mulai dari Smart Operation, Smart Maintenance, Smart Distribution, hingga Digital Performance Management System.


"Perseroan juga memastikan produksi lancar guna pemenuhan target stok pupuk. Pupuk Kaltim menerapkan teknologi dalam proses produksi dan distribusi pupuk," pungkas Rahmad.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id