Tiongkok Masih Jadi Tujuan Favorit Ekspor RI

    Eko Nordiansyah - 15 April 2021 13:53 WIB
    Tiongkok Masih Jadi Tujuan Favorit Ekspor RI
    Ilustrasi bendera Tiongkok - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Tiongkok masih menjadi tujuan utama ekspor produk-produk asal Indonesia. Bahkan pada Maret 2021, ekspor Indonesia ke Tiongkok mengalami kenaikan mencapai USD774,6 juta lebih besar dibandingkan negara lain.

    "Pertama ekspor kita ke Tiongkok pada Maret 2021 ini meningkat sebesar USD774,6 juta," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam video conference di Jakarta, Kamis, 15 April 2021.

     



    Selain ke Tiongkok, ekspor Indonesia pada bulan lalu juga mengalami kenaikan ke sejumlah negara. Di urutan kedua ada India yang naik USD519,5 juta, kemudian Amerika Serikat (AS) USD212,6 juta, Jepang USD177,7 juta, dan Singapura USD132 juta.

    "Sebaliknya dengan beberapa negara ekspor kita mengalami penurunan. Ke Taiwan mengalami penurun USD111,5 juta, sementara ke Estonia, Selandia Baru, Guinea, dan Australia juga mengalami penurunan tetapi sangat tipis dibandingkan peningkatan ekspor kita," ungkap dia.

    Ia menambahkan pangsa pasar ekspor nonmigas pada Maret 2021 juga masih didominasi oleh Tiongkok sebesar USD3,73 miliar atau 21,36 persen. Selanjutnya, pangsa pasar ekspor Indonesia adalah AS sebesar USD2,07 miliar, dan Jepang sebesar USD1,38 miliar.

    "Posisi ini tidak berubah, sama persis dengan posisi bulan lalu. Negara tujuan ke Tiongkok pada bulan ini sumbangannya sebesar 21,36 persen dan komoditas utama yang kita ekspor ke Tiongkok besi dan baja,bahan bakar mineral, kemudian lemak dan minyak hewan dan nabati," pungkasnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id