4 Cara Kementan Hadapi Situasi Resesi

    Ilham wibowo - 30 September 2020 22:11 WIB
    4 Cara Kementan Hadapi Situasi Resesi
    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Foto: Medcom.id/Desi Angriani.
    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan telah menyiapkan empat langkah strategis untuk menghadapi situasi resesi ekonomi akibat pandemi covid-19. Sektor pertanian saat ini menjadi andalan untuk menopang ekonomi nasional lantaran mampu bertumbuh.

    "Menghadapi kondisi covid-19 kami tidak bersandar hanya dengan mengandalkan main program dari pertanian, ada empat cara bertindak dampingan atau cara bertindak lain yang terus dipacu," kata Syahrul dalam dalam Forum Diskusi Denpasar 12 secara virtual, Rabu, 30 September 2020.

    Fokus pertama yakni peningkatan produktivitas tanaman pangan di lahan pertanian alternatif potensial yang belum digarap sepeti tanah rawa di Kalimantan Tengah. Rancana yang masuk proyek food estate tersebut akan meningkatkan stok pangan dasar seperti beras maupun komoditas lain untuk menunjang stok di wilayah defisit.

    "Kalteng ada 30 ribu ha dan ada perluasan tambahan lahan sekitar 200 ha, sehingga kita berharap dari sana ada tambah dari program yang masuk dimasa tanam pertama. Peningkatan produksi lain mensubtitusi impor juga diperkuat dan masih on the track hingga saat ini," ujarnya.

    Fokus kedua, yaitu diversifikasi pangan lokal agar makanan pokok masyarakat tidak bertumpu pada beras. Potensi sumber karbohidrat yang tumbuh di Tanah Air jumlahnya sangat melimpah mulai dari singkong hingga sagu.

    "Jangan cuma beras yang kita makan, kita berharap diversifikasi pangan lokal juga kita tumbuhkan. Satu provinsi satu utama ada singkong, jagung, sagu, pisang kentang, talas dan sorgum, kita pacu terus," tuturnya.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id