RI Siap Jadi Hub Vaksin Asia Tenggara

    Suci Sedya Utami - 02 April 2021 21:00 WIB
    RI Siap Jadi Hub Vaksin Asia Tenggara
    Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: dok MI/Rommy Pujianto.



    Jakarta: Indonesia mempertegas komitmen dan kesiapan untuk menjadi hub vaksin di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) di masa mendatang. Komitmen tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat kunjungan kerja ke Tiongkok.

    "Kita juga membahas kerja sama dalam jangka panjang menjadikan Indonesia sebagai hub vaksin di Asia Tenggara," kata Retno dalam konferensi pers daring, Jumat, 2 April 2021.






    Kendati ide ini masih dalam tahap awal, namun untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia mengusulkan kerja sama penguatan riset pengembangan baksin, pengembangan industri bahan baku dan peningkatan kapasitas produksi vaksin nasional.

    "Semua ide ini akan kita bahas lebih lanjut, namun secara prinsip RRT memberikan dukungan terhadap inisiatif ini," ujar Retno.

    Selain itu, kunjungan Retno ke Tiongkok juga untuk memastikan agar Tiongkok tetap berkomitmen mengirimkan vaksin yang telah disepakati sebelumnya. Pasalnya saat ini muncul berbagai pembatasan dan larangan ekspor negara-negara produsen baksin dengan alasan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dikarenakan negara tersebut sedang menghadapi lonjakan kasus.

    Ia bilang pembatasan dan larangan ini sangat perpengaruh terhadap rantai pasok penyediaan baksin di dunia baik melalui jalur bilateral maupun multilateral. Apabila hal ini terus terjadi, kata Retno, maka dikhawatirkan akan semakin lama dunia dapat lepas dari pandemi dan semakin sulit upaya pemulihan ekonomi. Oleh karenanya, Indonesia menyerukan agar kerja sama kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua negara dapat tetap terjaga.

    "Indonesia mengharapkan agar pemerintah RRT akan terus memberikan dukungan agar pengiriman vaksin yang telah sudah menjadi komitmen yang mengikat (binding commitment) dapat dilakukan sesuai jadwal yang ada," jelas Retno.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id