Melebihi Target, 5.273 Pasar Rakyat Telah Direvitalisasi

    Antara - 29 Juli 2020 18:26 WIB
    Melebihi Target, 5.273 Pasar Rakyat Telah Direvitalisasi
    Pasar Tradisional. Foto : MI/Barry.
    Jakarta: Plt Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Suhanto menyampaikan bahwa pemerintah telah merevitalisasi 5.273 pasar rakyat sepanjang 2015-2019 di seluruh Indonesia melalui program revitalisasi pasar rakyat.

    "Kemendag sebagai leading sector merevitalisasi 4.958 pasar, Kemenkop UKM 299 unit pasar dan Kementerian PUPR 16 unit pasar. Seluruhnya mencapai 5.273, yang artinya melebihi dari target yaitu 5.000 pasar rakyat," kata Suhanto, dikutip dari Antara, Rabu, 29 Juli 2020.

    Suhanto memaparkan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, revitalisasi pasar rakyat merupakan salah satu program prioritas Kementerian Perdagangan pada periode 2015-2019.

    Sebanyak 5.000 pasar rakyat dibidik untuk direvitalisasi, mulai dari kondisi fisik, hingga manajemen pasar dengan tujuan menghidupkan perekonomian kerakyatan.

    "Kita tahu pasar rakyat ini bukan hanya sekadar bertemunya masyarakat, tapi juga ada nilai budaya, karena di sanalah terjadi transaksi jual beli, dan kita tahu pasar rakyat ini keberadaannya sudah lama," ujar Suhanto.

    Untuk itu, pemerintah memandang penting untuk mempertahankan keberadaan pasar rakyat di tengah kemajuan zaman, di mana penjualan online dan ritel modern bermunculan.

    "Bukan berarti kita tidak ingin maju ke online, tapi kita ingin pasar rakyat tetap berjalan," tukas Suhanto.

    Pada 2012, Kemendag melakukan survei ke seluruh Indonesia dan menemukan terdapat sekitar 9.956 pasar rakyat yang kondisinya rusak. Untuk itu, setelah 5.273 pasar direvitalisasi, pemerintah akan melanjutkan program tersebut untuk memperbanyak pasar rakyat yang semakin bersih dan nyaman.  
    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id