Belanja Pemerintah untuk Produk UMKM Baru 18%

    Ilham wibowo - 17 September 2020 14:58 WIB
    Belanja Pemerintah untuk Produk UMKM Baru 18%
    Ilustrasi UMKM. Foto: MI/Andri Widianto
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyebut bahwa realisasi belanja Pemerintah periode 2020 khusus produk UMKM masih rendah. Dari total anggaran khusus sebesar Rp321 triliun, baru 18 persen yang dibelanjakan.

    "Anggaran 2020 ada Rp321 triliun yang sudah diperintahkan oleh Pak Presiden untuk dibelanjakan produk UMKM, serapannya masih cukup rendah baru 18 persen," kata Teten dalam acara Jakarta Marketing Week yang diselenggarakan MarkPlus, Inc., Kamis, 17 September 2020.

    Menurut Teten, kendala yang dialami UMKM selama pandemi covid-19 yakni pada pasar yang berkurang. Karenanya, anggaran besar yang disediakan untuk alokasi belanja Pemerintah di produk UMKM akan sangat membantu UMKM bertahan.

    "Saat ini kita menghadapi masalah cukup berat, separuh lebih dari UMKM kita hadapi masalah serius akibat pandemi covid-19," ujarnya.

    Teten meminta dukungan lembaga dan kementerian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk segera merealisasikan anggaran belanja produk UMKM. Diharapkan efek berantai bisa mendukung pemulihan ekonomi nasional lantaran masih rendahnya daya konsumsi masyarakat.

    "Bagaimana meningkatkan permintaan produk UMKM, ini yang saya kira saat ini menjadi penting. Belanja pemerintah baik pusat dan daerah, untuk menyerap produk UMKM, itu akan banyak menolong di tengah menurunnya pendapatan masyarakat," ungkapnya.

    Saat ini, lanjut Teten, pihaknya telah berkolaborasi menggandeng Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa (LKPP) menghadirkan e-katalog produk UMKM. Sinergi dengan perusahaan BUMN juga talah dilakukan uang diperkirakan menciptakan serapan pasar senilai Rp35 triliun.

    "Kami kerja sama dengan LKPP supaya ada kemudahan belanja. Baik Rp50 juta sampai Rp200 juta lewat LPSE maupun Rp50 juta ke bawah lewat platform digital. Kami juga ada kerja sama dengan Kementerian BUMN, pengadaan Rp14 miliar ke bawah sekarang sudah diperuntukkan untuk UMKM," tuturnya.  
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id