Pertamina Guyur Rp1,45 Miliar untuk UMKM di Sorong

    Suci Sedya Utami - 21 September 2020 11:55 WIB
    Pertamina Guyur Rp1,45 Miliar untuk UMKM di Sorong
    Pertamina. Foto : Setkab.
    Sorong: PT Pertamina (Persero) menyalurkan dana program kemitraan (PK) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sorong, Papua Barat sebesar Rp1,45 miliar. Dana tersebut diguyurkan pada 28 mitra binaan yang bergerak di sektor industri, perdagangan, pertanian, dan perikanan.

    Unit Manager Communication, Relation & CRS Pertamina Refinary Unit VII Kasim Dodi Yapsenang mengatakan program ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan sekaligus menyambut momentum adaptasi kebiasaan baru untuk bangkit pasca pandemi covid-19. Dodi mengatakan ini merupakan penyaluran perdana bagi RU VII Kasim.

    "Program kemitraan Pertamina ditujukan untuk meningkatkan kemampuan UMKM tangguh dan mandiri sekaligus memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,kami juga menyiapkan pendampingan bagi UMKM mitra binaan kami," ujar Dodi dalam keterangan resmi, Senin, 21 September 2020.

    Vice President CSR & SMEPP Pertamina Arya Dwi Paramita mengatakan program kemitraan tersebut merupakan bantuan modal usaha dengan biaya murah untuk para pelaku UMKM. Pertamina, kata Dodi, sama sekali tidak menarik keuntungan dari program kemitraan tersebut.

    "Pinjaman ini nanti semuanya bergulir dan akan memberikan manfaat yang multiplier effect kepada pemilik usaha maupun masyarakat di sekitarnya, yaitu harapannya adalah terbukanya lapangan kerja. Dan pastinya ke depan kesempatan seperti ini akan menjadi tulang punggung ekonomi daerah," ujar Arya.

    Menurut Arya di tengah kondisi pandemi covid-19 ini, banyak masyarakat yang terdampak. Ia bilang dengan adanya program kemitraan ini, pihaknya berharap bisa meringankan dan membangkitkan semangat wirausaha para pelaku usaha yang ada di Sorong.

    Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Sorong Johny Kamuru yang mengharapkan modal usaha ini bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Sorong yang turut terdampak pandemi.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id