Garuda Bubarkan Dua Cucu Usaha

    Annisa ayu artanti - 03 April 2020 15:23 WIB
    Garuda Bubarkan Dua Cucu Usaha
    Ilustrasi Garuda Indonesia - - Foto: dok MI
    Jakarta: PT Garuda Indonesia berencana merasionalisasi enam cucu usahanya. Adapun rasionalisasi tersebut berupa likuidasi dan merger.

    Dalam daftar cucu perusahaan Garuda Indonesia yang diperoleh Medcom.id, ada dua perusahaan yang dilikuidasi yakni PT Rilis Arah Pratama Indonesia (RAPI) dan PT Indo Suplai Total Solusi (ISTS).

    Sementara empat perusahaan dimerger yaitu PT Garuda Tauberes Indonesia Tbk (GTI), PT Garuda Indonesia Air Charter (GIAC), PT Garuda Ilmu Terapan Cakrawala Indonesia (GITC), dan PT Garuda Energy Logistik & Komersial (GELK).

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjelaskan rasionalisasi tersebut bertujuan untuk membuat lini usaha Garuda Indonesia semakin efisien serta memperkecil beban usaha.

    "Jadi akan lebih efisien dan cepat dalam pengambilan keputusan, enggak lewat banyak (birokrasi)," kata Irfan dalam video conference di Jakarta, Jumat, 3 April 2020.

    Baca juga: Garuda Tauberes Dilebur

    Selain itu, rasionalisasi anak dan cucu usaha ini dilakukan perusahaan untuk memberi kesempatan bagi perusahaan lain yang ingin bekerja sama dengan Garuda Indonesia.

    "Salah satu yang ingin kami lakukan jangan Garuda ambil jatah orang lain juga, orang lain bisa melakukan bisnis sewa mobil, ngapain Garuda punya bisnis sewa mobil contohnya, itu kan bisa dilakukan oleh orang lain," tuturnya.

    Di sisi lain, perusahaan maskapai pelat merah ini juga membatalkan rencana pemisahaan cucu usaha atau spin off perusahaan yang terkait bisnis training pilot dan awak kabin serta bisnis usaha charter.

    "Tampaknya setelah kita evaluasi menciptakan terlalu banyak birokrasi segala macam ujungnya cost meningkat," tukasnya. 



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id