Indonesia Perlu Manfaatkan Ekonomi Digital

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2020 18:26 WIB
    Indonesia Perlu Manfaatkan Ekonomi Digital
    Menteri Kominfo Johnny G Plate. FOTO: Kominfo
    Jakarta: Era baru yakni transformasi digital harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin demi hajat orang banyak, termasuk perekonomian secara nasional. Bahkan, Indonesia harus mampu memanfaatkan ekonomi digital guna meningkatkan daya saing di tengah sengitnya persaingan di era globalisasi sekarang ini.

    "Era baru di mana transformasi digital harus bisa kita lakukan dengan cepat, harus bisa kita lakukan dengan baik, dan harus bisa mengantar kita sebagai bangsa yang memanfaatkan ekonomi digital di masa yang akan datang ini dengan baik," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dalam Indonesian Corporate Branding PR Award 2020, Kamis, 14 Mei 2020.

    Sementara itu, Direktur jenderal SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika Ismail mengatakan pandemi covid-19 mempercepat tahapan transformasi digital di Indonesia. Menurut Ismail setiap proses transformasi digital itu selalu terjadi dalam tiga tahap.

    "Mengapa ini bisa terjadi? Karena transformasi digital itu dipercepat. Proses transformasi digital itu berangkat dari pertama dalam proses digitasi," ungkapnya.

    Saat ini di kantor-kantor termasuk kantor pemerintahan seperti Kominfo sudah menerapkan format dokumen digital, dari sebelumnya dalam menggunakan kertas menjadi paperless. "Disitulah proses digitasi berjalan. Jadi semua dokumen atau informasi yang kita kelola, yang kita proses, itu diproses menjadi dokumen digital," tuturnya.

    Dirjen SDPPI menjelaskan pada tahap kedua, proses digital menggunakan teknologi TIK dalam proses bisnis yang baru. Proses bisnisnya diperbaiki untuk mendapatkan keuntungan dan mengurangi cost atau biaya. Ketiga, secara tidak sadar covid-19 membawa berkah dalam sedikit proses transformasi digital secara global dan juga di Indonesia.

    "Jadi, perlu ada review ulang untuk memperbaiki unit-unit kerja yang tidak bermanfaat dan tidak produktif jika terbukti dari proses digitalisasi ini kurang bermanfaat. Ini untuk semua level organisasi baik di level pemerintahan, di organisasi swasta, BUMN dan sebagainya," tukasnya.

    Lebih lanjut, Plate mengatakan, era digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua pihak termasuk praktisi humas atau Public Relations (PR). Di era sekarang ini, PR perlu membuat citra yang positif untuk Indonesia, memberikan informasi yang objektif, dan membawa spirit positif harus dapat dilakukan oleh kita semua.

    "Pastikan saat ini adalah saatnya di mana kehumasan mengambil peran yang besar pada saat dunia bergerak dan beranjak dari dunia fisik menuju dunia digital. Maka PR mengambil peran yang penting untuk mengajak masyarakat guna segera memanfaatkan kesempatan di masa-masa pandemi ini yang mendorong masuk pada era baru yaitu era digital," pungkasnya.
     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id