Survei: Program UKM Go Digital Bantu Pengembangan Bisnis

    Ilham wibowo - 29 Juni 2020 22:26 WIB
    Survei: Program UKM Go Digital Bantu Pengembangan Bisnis
    Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id
    Jakarta: Survei MarkPlus Inc. menemukan program UKM go digital yang dicanangkan pemerintah cukup membantu dalam pengembangan bisnis. Mayoritas responden mengetahui rencana program yang digulirkan.

    Survei cepat dilakukan kepada 45 responden yang didominasi oleh laki-laki sebesar 55 persen dengan pekerjaan paling banyak sebagai wiraswasta. Menurut hasil survei, 62 persen responden sudah mengetahui mengenai program UKM Digital  yang dicanangkan pemerintah.

    "Pemilihan media untuk penyebaran informasi mengenai program UKM digital dan konten informasi yang digunakan oleh pemerintah dinilai sudah jelas, rinci, menarik, dan mudah diingat. Namun, alokasi penggunaan media dinilai perlu lebih merata," kata Senior Business Analyst MarkPlus, Inc. Ridho Singgih dalam webinar MarkPlus Government Roundtable, Senin, 29 Juni 2020.

    Selain menggunakan website, televisi, dan portal berita, responden menyarankan penyampaian menggunakan sosial media. Sebanyak 59,5 persen responden menilai televisi sebagai media penyampaian yang efektif.

    "Media sosial yang dipilih yaitu Instagram sebesar 52,4 persen, YouTube 45,2 persen, dan Facebook 35,7 persen. Website Kementerian sendiri dianggap efektif dengan hasil survei sebesar 52,4 persen,” paparnya.

    Kuliner, tour & travel, pengantaran barang, dan produk kerajinan merupakan sektor-sektor UKM yang dianggap paling membutuhkan digitalisasi. Pemerintah perlu mengemas konten agar lebih menarik dengan menggunakan video animasi sebagai preferensi dalam menyampaikan konten kepada masyarakat.

    "Sebanyak 60 persen masyarakat menyukai video animasi, artikel berita sebanyak 50 persen, video tutorial serta infografis masing-masing sebesar 41 persen," tuturnya.

    Pemerintah dan instansi terkait juga dinilai sudah cukup baik dalam menjalankan program UKM digital. Hanya saja ada beberapa aspek yang membutuhkan peningkatan.

    “Tingkat efektivitas program UKM digital sudah cukup baik namun perlu peningkatan pada program pelatihan dan akses keuangan seperti investasi serta pinjaman,” kata Ridho.

    Para pelaku UKM perlu meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing secara global dengan mempelajari strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital.

    "Harapannya, ekonomi Indonesia akan segera bangkit di tengah pandemi yang diawali dengan kebangkitan sektor UKM," pungkasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id