Pemerintah Pastikan Distribusi Pangan Tak Terhambat Jika Karantina Wilayah

    Annisa ayu artanti - 31 Maret 2020 18:37 WIB
    Pemerintah Pastikan Distribusi Pangan Tak Terhambat Jika Karantina Wilayah
    Pemerintah pastikan distribusi pangan tak terhambat jika karantina wilayah. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman.
    Jakarta: Pemerintah memastikan kegiatan logistik dan distribusi pangan tidak terpengaruh jika rancana karantina wilayah diterapkan. Karantina wilayah dinilai sebagian pihak berguna karena meminimalisir penyebaran virus korona (covid-19).

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kegiatan logistik dan pemenuhan kebutuhan pangan diberbagai daerah akan tetap berjalan.


    "Kalau bahan bahan pangan hampir dipastikan tidak ada masalah. Jadi semua fasilitas untuk bahan pangan itu akan diberikan. Saya tidak melihat itu menjadi isu," kata Luhut dalam video rilis, di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020.

    Namun demikian, karena urusan logistik dan distribusi pangan sangat vital pemerintah akan mengawasinya super ketat. Penyaluran logistik dan pangan dipastikan tidak terhambat meskipun ada karantina wilayah.

    "Karena ketersedian 11 bahan pakan itu sekarang semua kami cek masih tersedia. Hanya penyalurannya ini yang perlu kita waspadai jangan sampai terhambat, baik beras gula segala macam itu," ujarnya.

    Adapun pembicaraan mengenai opsi tersebut masih dalam pembahasan. Pemerintah belum memutuskan apapun. Luhut mengatakan, Presiden Joko Widodo mempertimbangkan matang-matang jika opsi ini diberlakukan.

    Jokowi menilai akan ada dampaknya bagi masyarakat kelas menengah ke bawah jika karantina diberlakukan.

    "Presiden tuh berpikiran orang susah jangan ditambahin susah. Karena mungkin beliau pernah alami keadaan susah waktu masa kecil," tukasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id