Kunjungan ke Mal Meningkat Selama PSBB Transisi

    Eko Nordiansyah - 14 September 2020 13:03 WIB
    Kunjungan ke Mal Meningkat Selama PSBB Transisi
    Kunjungan ke pusat perbelanjaan meningkat selama PSBB transisi. Foto: MI/Susanto
    Jakarta: Penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi selama Juli-Agustus 2020 telah mendorong kenaikan jumlah kunjungan ke mal. Kunjungan ke tempat belanja selama periode tersebut sudah mencapai 57 persen, meski angka tersebut masih di bawah kunjungan normal.

    Riset Mandiri Institute yang dikutip Medcom.id, Senin, 14 September 2020 menunjukkan kenaikan kunjungan terjadi di shopping mall yang mencapai 61 persen. Sementara di supermarket kunjungannya sebesar 56 persen dan di toko lainnya adalah sebesar 55 persen selama penerapan kenormalan baru pada Juli-Agustus 2020.

    "Adanya pekerja yang bekerja dari kantor berkontribusi pada kenaikan angka kunjungan ke shopping mall. Selain itu, keinginan konsumen untuk mencari hiburan juga membantu kenaikan angka kunjungan ke shopping mall," tulis hasil riset tersebut.

    Angka kunjungan ke pusat belanja di kota-kota besar sudah di atas 50 persen. Selama masa PSBB transisi kunjungan ke mal di Makassar mencapai 66 persen, Denpasar 59 persen, Jakarta 57 persen, Bekasi 56 persen, Surabaya 55 persen, Medan 55 persen, Tangerang 53 persen, dan Bogor 51 persen.

    Selain itu, kunjungan ritel selama Agustus juga meningkat signifikan. Di Jabodetabek angkanya sebesar 51 persen pada Juli 2020 dan 56 persen pada Agustus 2020. Kenaikan tertinggi terjadi di Makassar, yakni 40 persen pada Juli 2020 dan mencapai 66 persen pada Agustus 2020.

    "Tingkat kunjungan di Jabodetabek sudah di atas 50 persen. Namun dibandingkan dengan Juli, kenaikan kunjungan di Agustus masih relatif kecil," jelas riset tersebut.

    Riset ini menggunakan metode pelacakan live tracking dari 5.968 lokasi toko dan 7.531 restoran di delapan kota besar. Data berasal dari Google Maps yang memberikan informasi seperti tingkat kunjungan, waktu kunjungan terpopuler, review, dan lain-lain.

    Di samping itu, angka kunjungan ke ritel dan restoran didapatkan melalui 'live-visit data' yang terdapat pada Google Maps. Sementara periode pelacakan dilakukan pada minggu pertama Juli dan Agustus 2020.

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id