comscore

Koperasi Bisa Jadi Penyelamat Krisis

Antara - 05 Juli 2022 18:07 WIB
Koperasi Bisa Jadi Penyelamat Krisis
Koperasi. Foto : MI/Adam Dwi.
Jakarta: Praktisi Keuangan Mikro dan Koperasi Ahmad Subagyo menilai koperasi bisa menjadi sebuah pilihan penyelamat ekonomi ke depan ketika terjadi krisis global jika dibangun serius dengan ekosistem yang memadai.
 
baca juga: Kemenkop Tetapkan KSP Indosurya Berstatus Pengawasan Khusus 

Dengan demikian, diperlukan pengaturan yang lebih membangun ekosistem koperasi di Tanah Air, seperti Rancangan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) yang antara lain akan mengatur koperasi dan lembaga keuangan mikro.

"Membangun ekosistem yang tidak hanya bicara tentang pengawasan koperasi, tetapi dibangun sebagai sebuah closed loop economic yang memang menjadi penahan kedua dari sistem ekonomi global. Kita butuh itu," ujar Ahmad, dikutip dari Antara, Selasa, 5 Juli 2022.
Jika perekonomian suatu negara hanya bergantung pada sistem internasional dan tak ada penahan dari dalam negeri seperti koperasi, menurut dia, ekonomi akan bisa anjlok begitu saja ketika ada guncangan krisis global. Ahmad pun mencontohkan salah satu negara yang berhasil menahan krisis dengan sistem koperasinya adalah Spanyol.

"Ketika Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan Spanyol ini negara gagal, rakyatnya tidak gagal karena sistem koperasi mereka berjalan cukup efektif dan mereka ada kepercayaan antara satu dengan yang lain. Perdagangan mereka juga berhasil berjalan tanpa menggunakan euro," ujarnya.

Menurut dia, sistem di Spanyol tersebut menjadi pelajaran bahwa untuk membangun ekonomi bangsa, tidak bisa semuanya dilepaskan kepada sistem global. Ekosistem di dalam negeri seperti koperasi juga sangat diperlukan. Oleh karena itu, pembangunan ekosistem koperasi yang lebih baik harus menjadi salah satu pilihan Indonesia dalam pembangunan ekonomi.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id