Perusahaan BUMN Perkuat Core Value dari Budaya AKHLAK

    Ade Hapsari Lestarini - 18 November 2020 08:57 WIB
    Perusahaan BUMN Perkuat <i>Core Value</i> dari Budaya AKHLAK
    Direktur Utama BTN Pahala N Mansury. Foto: dok BTN.
    Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir telah mencanangkan budaya AKHLAK sebagai core value BUMN sejak awal Juli 2020 lalu. Penetapan itu bersamaan dengan perubahan logo dan slogan Kementerian BUMN. AKHLAK merupakan singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

    Sejalan dengan visi itu, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, dalam mencapai misinya menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia 2025, mencanangkan budaya kerja tersebut. Budaya kerja ini akan menjadi core value perusahaan dalam menjalankan bisnisnya sekaligus menjadi mitra pemerintah dalam membangun ekonomi masyarakat.

    Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury mengatakan core value AKHLAK merupakan budaya perusahaan yang senantiasa harus dijadikan pedoman perilaku BTNers -sebutan bagi karyawan BTN. BTNers adalah singkatan dari BTN Employee Rising Stars.

    "Kita melakukan transformasi budaya, tapi selain itu banyak transformasi yang harus dilakukan BTN untuk menjadikan BTN hebat dan dibanggakan. Untuk itu sebagai perusahaan kita tidak hanya fokus menghasilkan laba saja tetapi bagaimana perusahaan ini dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat dan negara," kata Pahala, dalam keterangan resminya, Rabu, 18 November 2020.

    Dia menjelaskan transformasi budaya kerja yang baru ini dapat dijadikan momentum sekaligus energi budaya kerja baru. Serta bersama-sama bertransformasi menjadi organisasi pemenang. Menurut Pahala, core value AKHLAK tidak bisa dilihat, tapi yang bisa dilihat adalah perilaku. Perilaku yang menentukan apakah seseorang punya core value itu atau tidak.

    "Yang bisa menjadikan kita organisasi yang hebat adalah bagaimana perilaku kita," tambahnya.

    Baca: Balik ke Khitah, Akhlak Jadi Core Value di BUMN

    Komisaris utama BTN Chandra M Hamzah menambahkan perlunya internalisasi nilai budaya AKHLAK ke setiap individu yang bekerja di BTN.

    "Budaya ini sudah seharusnya teinternalisasi dan kita jalankan dengan baik. Kenapa ini penting, karena tidak ada organisasi yang besar jika tidak diisi orang-orang yang baik, kompeten, dan amanah," ujarnya.

    Di sisi lain Presiden Director Price Waterhouse Cooper Marina Tusin menjelaskan dalam peta jalan transformasi yang utama adalah sosialisasi untuk melancarkan proses tranformasi core value AKHLAK.

    Program budaya terkait empat pilar budaya BTN yaitu Sales and Service Culture, Governance and Risk Culture, Performance Culture, dan Learning Culture yang harus terus dilakukan.

    "Yang perlu kita lakukan untuk menginternalisasikan nilai budaya adalah dengan menjalankan tiga elemen penting, pertama adalah elemen perilaku, jadi BTNers harus menerapkan perilaku keseharian sesuai AKHLAK, kedua adalah elemen simbol bagaimana pimpinan menjadi contoh penerapan AKHLAK dan terakhir adalah elemen sistem yang sangat berperan, baik sistem organisasi, Key Performance Indicator maupun manajemen SDM yang membangun pilar budaya BTN," pungkas Marina.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id