Kilang Balongan Pertamina Tiga Kali Terbakar

    Suci Sedya Utami - 15 April 2021 07:57 WIB
    Kilang Balongan Pertamina Tiga Kali Terbakar
    Ombudsman. FOTO: dok Setkab



    Jakarta: Ombudsman RI membeberkan area kilang minyak Balongan, Indramayu milik PT Pertamina (Persero) telah mengalami kebakaran sebanyak tiga kali. Dengan kondisi itu Pertamina diharapkan bisa meminimalisir terjadinya kebakaran kembali demi menjaga laju bisnis dan kontribusinya terhadap ketahanan energi.

    Anggota Ombudsman RI Hery Susanto mengatakan insiden pertama terjadi pada Oktober 2007. Kebakaran ini tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah. Kebakaran kedua terjadi pada 4 Januari 2019 pukul 9.40 WIB. Insiden ini terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Asset 3 ke pengolahan minyak atau Kilang Balongan.






    Teranyar yakni pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 WIB kebakaran dahsyat kembali terjadi di area Kilang Balongan tepatnya di tanki T301G. Ombudsman berharap tidak ada insiden berulang di masa mendatang.

    "Kami mengharapkan karena sudah tiga kali terbakar mestinya jangan sampai yang keempat," kata Hery dalam konferensi pers daring, Rabu, 14 April 2021.

    Adapun terkait dengan insiden ketiga, berdasarkan hasil investigasi Ombudsman, kata Hery, ditemukan adanya maladministrasi atau kelalaian dari tanggung jawab oleh Pertamina. Sebab, sebelum peristiwa terbakarnya tanki, Minggu, 28 Maret 2021, warga sekitar lokasi di Balongan sudah mencium bau yang menyengat dari kilang Pertamina.

    Namun perseroan tidak merespons keluhan tersebut dan tidak transparan atau melakukan keterbukaan informasi mengenai kondisi kilang pada saat sebelum terjadinya insiden tersebut. "Sudah ada laporan masuk secara resmi kalau ini terjadi keterlambatan penanganan. Ini bagian dari kelalaian, dari maladministrasi," pungkas Hery.

     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id