Kementerian BUMN: Terduga Teroris di Makassar Bukan Pegawai Aktif Perusahaan Pelat Merah

    Suci Sedya Utami - 20 April 2021 08:42 WIB
    Kementerian BUMN: Terduga Teroris di Makassar Bukan Pegawai Aktif Perusahaan Pelat Merah
    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga. FOTO: dok MI



    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengklarifikasi terduga teroris yang ditangkap terkait aksi terorisme di Makassar bukan merupakan pegawai aktif di perusahaan pelat merah.

    Staf Ahli Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan sosok yang ditangkap merupakan pensiunan perusahaan BUMN. Namun demikian, Arya tidak menyebutkan di perusahaan BUMN mana sosok tersebut pernah bekerja sebelumnya






    "Informasi yang kami dapat bahwa yang ditangkap itu bukan pegawai BUMN tapi pensiun karyawan BUMN," kata Arya singkat, Senin malam, 19 April 2021.

    Sebelumnya Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menangkap seorang pegawai BUMN. Penangkapan terkait bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan. "Benar, (penangkapan) satu terduga teroris ditangkap. Yang bersangkutan pegawai BUMN," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan saat dikonfrimasi, Senin, 19 April 2021.

    Zulpan menyebut pihaknya telah menangkap puluhan orang terkait bom di Gereja Katedral Makassar. Penangkapan dilakukan di sejumlah tempat. "(Sebanyak) 33 orang yang ditangkap guna pemeriksaan oleh penyidik Densus 88," tutur dia.

    Ia menyebut mereka yang ditangkap merupakan jaringan kelompok Jemaah Ansharud Daulah (JAD). Kelompok itu terafiliasi dengan ISIS. "Penyidik menyakini berdasarkan Pasal 184 KUHP minimal dua alat bukti untuk penetapan tersangka nanti, tentu mengarah pada mereka semua," kata Zulpan.

    Bom bunuh diri meledak di depan Gereja Katedral, Jalan Kajaolalido, Ujung Pandang, Makassar, sekitar pukul 10.20 WITA, Minggu, 28 Maret 2021. Ledakan melukai jemaat gereja dan sekuriti. Pasangan suami istri yang menjadi pelaku bom bunuh diri tewas di lokasi.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id