Penjualan Furnitur Naik Drastis Selama Pandemi Covid-19

    Gervin Nathaniel Purba - 19 Juni 2020 11:37 WIB
    Penjualan Furnitur Naik Drastis Selama Pandemi Covid-19
    Penjual furnitur ruangan mengaku kebanjiran orderan dan mengantongi omzet lebih besar daripada biasanya. Salah satunya dialami oleh Mendekor (Foto:Dok.Metro TV)
    Jakarta: Hampir setiap orang dilanda jenuh selama berdiam di rumah pada masa pandemi covid-19 ini. Dalam menghilangkan kejenuhan itu, berbenah isi rumah dengan mempercantik ruangan bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

    Kegiatan mendekorasi ruangan pun menjadi tren selama pandemi covid-19. Penjual furnitur ruangan mengaku kebanjiran orderan dan mengantongi omzet lebih besar daripada biasanya. Salah satunya dialami oleh Mendekor.

    Pemilik Mendekor, Brian Karno Jan, mengatakan omzetnya meningkat 100 persen melalui transaksi online. Menurutnya, selama pandemi covid-19 kegiatan tren dekorasi rumah sedang tinggi. Hal ini menyebabkan penjualannya meningkat drastis.

    "Mungkin karena masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga mereka ingin menata ulang rumah untuk memberikan kesan yang berbeda di rumah mereka," kata Brian. 

    Terkait Mendekor, ide bisnis dekorasi rumah ini sebenarnya muncul dari pengalamannya menimba ilmu dan bekerja di luar negeri. Di mana, semua hal, termasuk belanja furnitur, bisa dilakukan secara daring.

    Penjualan Furnitur Naik Drastis Selama Pandemi Covid-19

    "Saya sejak dulu memang tertarik dengan dekorasi ruangan yang unik, yang kekinian. Karena dekorasi ruangan misalnya kamar gitu ya, kita setiap hari ada di ruangan itu, harus dibikin secara nyaman, bagus, dan unik. Jadi saya sendiri pun yang memiliki ide-ide dari furnitur yang dijual di Mendekor. Barang-barang untuk hiasan dinding, atau dekorasi ruangan sejatinya bisa dijual dengan murah," katanya.

    Dia kerap turun ke lapangan langsung untuk mencari material dan membangun kerja sama dengan para pengrajin dari pelosok Jawa dan Bali. Diharapkan furnitur yang dihasilkan memiliki harga yang terjangkau dan juga memiliki kualitas yang bagus.

    “Saya menemukan kekayaan budaya dan material yang ada di Indonesia. Semua yang saya butuhkan untuk menggerakkan bisnis ini bisa saya temukan di dalam negeri,” ujar dia.

    Penjualan Furnitur Naik Drastis Selama Pandemi Covid-19

    Selain membuka toko offline, Brian juga kemudian membuka toko online di Tokopedia. Dengan demikian, Mendekor bisa menjangkau konsumen di luar Jakarta, dari seluruh Indonesia.

    “Jadi semua produk kami bisa dicek di Tokopedia. Pengiriman barang-barang pun lebih mudah karena bisa menggunakan beragam pilihan ekspedisi yang sudah bekerja sama dengan Tokopedia. Selain itu, barang-barang yang dikirim juga bisa diasuransikan, sehingga lebih aman," ucapnya.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id