Mentan Minta Perbankan Mudahkan Kredit Petani

    Antara - 08 Agustus 2020 18:00 WIB
    Mentan Minta Perbankan Mudahkan Kredit Petani
    Ilustrasi KUR pertanian - - Foto: Antara/ Hendra
    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta lembaga perbankan mempermudah petani untuk mendapatkan pinjaman modal melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

    "Saya minta pihak lembaga perbankan jangan persulit petani untuk mendapatkan KUR, berikan kemudahan," kata Syahrul dikutip dari Antara, Sabtu, 8 Agustus 2020.

    Ia menjelaskan penyaluran kredit ke sektor pertanian tidak akan membuat perbankan rugi. Sebab, produksi gabah petani mampu menutupi pembayaran pinjaman tersebut.

    "Terutama petani padi sawah yang tergabung dalam kelompok, tentu produksi gabah mampu menutupi dan membayar pinjaman mereka di lembaga perbankan," ungkap dia.

    Namun demikian, para petani harus memiliki manajemen pertanian dan sumber daya yang lebih andal untuk bisa meningkatkan produksi gabah. Untuk meningkatkan produksi gabah di atas lima ton, lanjutnya, harus melalui intervensi pemberian pupuk.


    "Saya melihat produksi padi sawah Desa Rias hanya berkisar empat hingga lima ton dengan PH air di bawah lima," pungkas dia.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id