Industri Diminta Modernisasi Sistem Keamanan

    Eko Nordiansyah - 26 September 2020 14:20 WIB
    Industri Diminta Modernisasi Sistem Keamanan
    Ilustrasi sistem keamanan industri - - Foto: Istimewa
    Jakarta: Pelonggaran pembatasan sosial di sejumlah negara membuat para pelaku usaha bersiap untuk kembali beroperasi. Para pelaku industri pun giat menyusun strategi agar bisnis mereka kembali normal di tengah pandemi.

    VP Asia Pasifik HIMA Friedhelm Best mengatakan kebersihan dan kesehatan kerja merupakan prioritas utama demi melindungi keselamatan pekerja termasuk para pelanggan. Namun, bagi bisnis seperti instalasi pabrik, keselamatan di ruang kerja haruslah selalu terjaga.

    "Ketika pekerja kembali bekerja di fasilitas industri, kegiatan rutin seperti merencanakan sistem modernisasi, yang kemungkinan ditunda karena pandemi, menunggu untuk dapat dikerjakan lagi," katanya dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 26 September 2020.

    Untuk itu, Friedhelm menyebut ada beberapa pertimbangan utama untuk memastikan Safety Instrumented System (SIS). Pertama, yaitu standar yang sesuai sebagai salah satu hal ketika mempertimbangkan modernisasi atau modifikasi SIS.

    "Saat merencanakan modernisasi atau modifikasi SIS, perusahaan harus memastikan bahwa perangkat keras atau perangkat lunak yang ada mematuhi standar yang berlaku," ungkapnya.

    Dalam upaya modernisasi, perusahaan perlu menghindari penghentian tiba-tiba alat produksi (downtime). Selain itu, pelaku industri juga bisa menggunakan tenaga ahli yang tepat karena modernisasi membutuhkan ahli, termasuk agar proses produksi lancar dan efisien.

    Ia menambahkan sektor industri lain sudah mengubah sistemnya selama bertahun-tahun. Adanya pandemi covid-19, bisa menjadi faktor perubahan sistem keamanan bagi semua industri dalam negeri.

    "Mengikuti semua standar yang baru akan menempatkan Anda pada posisi yang baik untuk proses modernisasi apapun. Simpan dan kumpulkan semua dokumen dan data yang berkaitan dengan sistem Anda dan kembangkan strategi jitu dan sesuai untuk mencapai tujuan besar Anda," pungkas dia.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id