Mendag Bebaskan Persetujuan Impor Bawang Bombai

    Ilham wibowo - 18 Maret 2020 18:03 WIB
    Mendag Bebaskan Persetujuan Impor Bawang Bombai
    Harga bawang bombai melonjak. Foto: MI/Fransisco Carollio
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan pihaknya telah membebaskan persetujuan impor bawang putih dan bawang bombai. Langkah ini dilakukan untuk menjaga stabilitas harga di tingkat pengecer.

    Agus memaparkan bahwa harga bawang bombai mengalami kenaikan hingga 100 persen di banyak daerah. Hal yang sama terjadi untuk komoditas bawang putih meskipun kenaikannya tidak setajam bawang bombai. Kebijakan impor juga dilakukan menghadapi darurat virus korona (covid-19).

    "Pada hari ini saya memberlakukan dengan situasi virus korona ini dan menjaga kondisi stok, kita akan bebaskan persetujuan impor komoditas bawang putih dan bawang bombai,” kata Agus melalui video teleconference, Rabu, 18 Maret 2020.

    Aturan ini akan dituangkan dalam regulasi Kementerian Perdagangan hari ini dan mulai berlaku pada 19 Maret 2020. Dengan adanya aturan ini, pelaku usaha yang sudah memiliki izin impor umum tidak perlu lagi mengajukan rekomendasi impor bawang putih dan bawang bombai kepada Kemendag.

    “Jadi tidak memerlukan persetujuan impor, yang punya izin impor umum tidak perlu mengajukan izin impor lagi untuk bawang putih dan bawang bombai,” paparnya.

    Aturan pembebasan persetujuan impor ini, kata Agues, akan mempercepat dan mempermudah pengusaha untuk melakukan proses impor. Diperkirakan, komoditas bawang putih dan bawang bombai ini bisa masuk dalam 10 hari ke depan.

    “Masuknya kurang lebih 1-2 minggu, ya atau 10 hari  karena mereka butuh waktu untuk pengiriman, pembebasan impor bawang putih dan bawang bombai ini sampai 31 Mei saja jadi tidak dalam jangka panjang,” pungkasnya.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id