Sandiaga Uno 'Paksa' Pelaku Ekraf Manfaatkan Marketplace

    Insi Nantika Jelita - 01 Juni 2021 19:51 WIB
    Sandiaga Uno 'Paksa' Pelaku Ekraf Manfaatkan <i>Marketplace</i>
    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. Foto: Dok. Kemenparekraf.



    Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk meningkatkan kapasitas keterampilan seperti memasarkan produk-produk lewat daring.

    Menurutnya, adanya pandemi covid-19 memaksa para pelaku ekraf untuk meningkatkan keterampilan dan beradaptasi dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan marketplace sebagai sarana berjualan dan media sosial sebagai wadah pemasaran.

     



    "Keterampilan memasarkan dan menjual barang-barang melalui online sudah menjadi hal yang mutlak bagi para pelaku ekraf saat ini. Tidak hanya itu saja, keterampilan membuat konten-konten produk sekreatif juga harus ditingkatkan agar minat konsumen semakin tinggi," kata Sandiaga dalam keterangannya saat mengunjungi Cirebon, Jawa Barat, dilansir dari Mediaindonesia.com, Selasa, 1 Juni 2021.

    Untuk Cirebon sendiri, yang dianggap Sandiaga sebagai ikon sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan batik dan produk-produk kulinernya, juga didorong pelaku ekrafnya untuk mengembangkan usaha lewat digital.

    Kemenparekraf juga menyatakan telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp2,2 triliun pada 2020 dan akan mengusulkan dana hibah sebesar Rp3,7 triliun yang akan diperluas bukan hanya untuk hotel dan restoran saja dalam meningkatkan usaha.

    "Tapi pemanfaatannya bisa diperluas bagi pelaku parekraf lainnya. Kami sedang petakan dan kami berharap bantuan dari pemkab/pemkot untuk memberikan data terkini para pelaku ekraf di Cirebon,” jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. Sandiaga berharap pelaku ekraf di Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan kualitas produknya melalui pelatihan dan pendampingan usaha yang segera digelar di wilayah tersebut.

    "Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki satu kebutuhan yang sama yaitu pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan. Ini yang akan kita bantu melalui program-program Kemenparekraf untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id