Menteri Teten Ingin Koperasi Garap Potensi Digital Ekonomi

    Suci Sedya Utami - 30 Mei 2021 17:18 WIB
    Menteri Teten Ingin Koperasi Garap Potensi Digital Ekonomi
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenkopUKM) mendorong digitalisasi koperasi untuk terus digalakkan.

    Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengatakan ekonomi digital Indonesia diramal akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Potensi pada 2025 ditaksir mencapai USD124 miliar atau setara Rp1.748 triliun.

     



    "Jangan sampai potensi ini dikuasai asing. Koperasi harus hadir dan ikut ramaikan digital ekonomi Indonesia," ujar Teten dalam keterangan resmi, Minggu, 30 Mei 2021.

    Teten juga berharap, koperasi besar siap membantu meningkatkan daya saing produk UMKM. Sebab diakuinya, produk usaha mikro masih banyak yang rendah kualitas produksinya sehingga kerap kali dipandang sebelah mata di negara lain.

    Untuk itu, kata Teten, penting bagi koperasi untuk membangun factory sharing atau rumah produksi bersama. UMKM yang tak banyak memiliki alat produksi modern bisa bergabung dengan koperasi besar.

    "Sedang kami bangun di Jateng, factory sharing untuk usaha furnitur yang tinggi permintaannya, namun masih ada keluhan karena kayu yang diolah belum cukup baik. Jika masuk rumah produksi ini, maka produk furnitur mikro, kayunya sudah terstandarisasi," ujar Teten.

    Ia juga mendorong penguatan lembaga dengan koperasi melakukan spin off. Katanya, koperasi harus masuk ke skala ekonomi yang lebih besar. Dari 130 ribu koperasi nasional, yang besar hanya 100.

    "Diminta koperasi kecil untuk merger. Seperti Koperasi Fonterra di New Zealand yang tumbuh besar karena merger. Kebersamaan antarkoperasi dibangun bukan untuk bersaing, tetapi bergabung demi kesejahteraan rakyat," jelas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id