Vaksin Covax Gratis Bantu Pemerintah Hemat Anggaran

    Eko Nordiansyah - 07 Januari 2021 19:21 WIB
    Vaksin Covax Gratis Bantu Pemerintah Hemat Anggaran
    Menkeu Sri Mulyani. Foto : Medcom : Eko N.
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut kebutuhan anggaran untuk vaksinasi mencapai Rp73 triliun. Namun pemerintah terus mencari cara agar mendapatkan akses vaksin gratis, salah satunya melalui GAVI Covax Facility.

    Pemerintah kini telah menandatangani formulir B untuk pengajuan vaksin gratis dari Covax yang merupakan konsorsium GAVI. Total ada 108 juta dosis vaksin yang diajukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan vaksin covid-19 di dalam negeri.

    "Adanya vaksin Covax akan banyak membantu dari kemampuan anggaran kita untuk bisa memenuhi kebutuhan program vaksinasi ini," kata Sri Mulyani dalam video conference di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

    Sri Mulyani menambahkan program vaksinasi yang juga akan diberikan secara gratis kepada masyarakat merupakan program prioritas pemerintah. Untuk itu, ia memastikan bahwa anggaran untuk vaksin dan pelaksanaan vaksinasi pasti tersedia.

    "Ini sudah disediakan di APBN 2021 dan tetap dilakukan dalam realokasi anggaran agar keseluruhan kebutuhan vaksinasi dan pengadaan vaksin dapat terpenuhi," ungkapnya.

    Lebih lanjut, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, dibutuhkan upaya bersama untuk mengatasi pandemi covid-19. Oleh karenanya akses terhadap vaksin dan pelaksanaan vaksinasi menjadi penting bagi Indonesia untuk kembali pulih.

    "Saya harap ketersediaan ini akan memberikan tambahan pilihan dan ketenangan bagi masyarakat dan kemampuan kita semua untuk menjalankan disiplin kesehatan, sambil ikhtiar pengobatan dalam bentuk vaksinasi," pungkas dia.  


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id