Akuisisi Vale Jadi Jalan BUMN Amankan Pasokan Nikel Nasional

    Suci Sedya Utami - 08 Oktober 2020 13:18 WIB
    Akuisisi Vale Jadi Jalan BUMN Amankan Pasokan Nikel Nasional
    Ilustrasi nikel - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Partisipasi MIND ID sebagai perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di PT Vale Indonesia (PTVI) akan menjadi langkah strategis dalam mengamankan pasokan bahan baku industri hilir berbasis nikel. Sebab, jenis logam tersebut merupakan bahan baku utama baterai bagi kendaraan listrik serta infrastruktur penyimpan listrik.

    "Kerja sama MIND ID dan PTVI akan menjadi sinergi yang saling menguntungkan dan saling melengkapi untuk memajukan industri pertambangan," ujar Direktur Utama Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID Orias Petrus Moedak dalam keterangan resmi, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan resminya akuisisi tersebut menandai dimulainya kerja sama strategis jangka panjang antara MIND ID dan PTVI. Kemudian menjadi bukti keberhasilan Indonesia dalam menjaga dan menarik investasi perusahaan global ke industri pertambangan nasional.

    "Ini juga menjadi bukti kepercayaan perusahaan-perusahaan kelas dunia terhadap MIND ID," tambah dia.

    Indonesia selama ini dikenal sebagai produsen dan eksportir nikel, bahan baku utama EV Battery, terbesar dunia yang menguasai 27 persen kebutuhan pasar global.

    Sejak kebijakan ekspor nikel dilarang per 1 Januari 2020, MIND ID ditantang untuk melakukan inovasi dan restrukturisasi model bisnis, sekaligus meningkatkan value chain dari nikel nusantara yang berlimpah. 


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id