Harga Tandan Buah Sawit di Sumut Masih Tinggi

    Antara - 08 Oktober 2020 09:31 WIB
    Harga Tandan Buah Sawit di Sumut Masih Tinggi
    Ilustrasi. FOTO: MI/Aries Munandar
    Medan: Harga Tandan Buah Sawit (TBS) di sentra produksi sawit di Sumatra Utara terpantau masih tinggi, yakni berkisar Rp1.550-Rp1.830 per kilogram (kg), meski produksi komoditas itu mulai meningkat. Harapannya TBS bisa terus meningkat dan nantinya mendongkrak kesejahteraan para petani.

    Harga TBS di pedagang di salah satu sentra produksi sawit di Batahan, Mandailing Natal, Sumatra Utara (Sumut), masih Rp1.550 per kg. Sementara di pabrik kelapa sawit, harga TBS Rp1.830 per kg.

    "Harga TBS sebesar itu sudah bertahan tiga pekan," ujar Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Mandailing Natal (Madina) Sumut H Aflan Qadafi Nasution, dikutip dari Antara, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Dia memperkirakan ada kemungkinan harga turun mengikuti pergerakan harga minyak sawit mentah Crude Palm Oil (CPO) di pasar internasional. Pasokan dan permintaan menjadi salah satu yang memengaruhi harga komoditas tersebut.

    Data menunjukkan, harga CPO di bursa derivatif Malaysia untuk pengiriman Desember 2020 turun 2,71 persen menjadi 2.721 ringgit Malaysia per ton. Harga itu turun dari harga pertengahan September 2020 yang sempat mencapai 3.080 ringgit Malaysia per ton.

    Terlepas dari kondisi itu, Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumut Wiwiek Sisto Widayat menyebutkan, harga sawit yang menguat menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi Sumut tahun ini.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id