Perkenalkan Indeks UMKM, Bos BRI Sebut Ekonomi Mulai Pulih

    Annisa ayu artanti - 11 November 2020 14:13 WIB
    Perkenalkan Indeks UMKM, Bos BRI Sebut Ekonomi Mulai Pulih
    Direktur Utama Bank BRI Sunarso - - Foto: Medcom/ Eko Nordiansyah
    Jakarta: Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) Sunarso menilai perekonomian Indonesia mulai pulih dengan kembali menggeliatnya sektor UMKM.

    Hal ini tercermin dari BRI Micro & SME Index atau BMSI yang naik dari 65,5 menjadi 84,2 di kuartal III-2020. Bahkan, proyeksi BMSI bisa meningkat menjadi 109,3 untuk kuartal IV-2020

    BMSI merupakan indeks yang menilai Pelaku UMKM atas aktivitasnya, terdiri dari Indeks Aktivitas Bisnis (IAB) untuk melihat situasi sekarang dan Indeks Ekspektasi Aktivitas Bisnis (IEAB) yang mengukur ekspektasi tiga bulan akan datang.


    "Ekonomi Indonesia sudah masuk resesi karena pandemi, namun jika dibandingkan kuartal-II-2020 kondisi saat ini sudah menunjukkan mulai membaik dan masuk recovery," kata Sunarso dalam konferensi pers virtual, Rabu, 11 November 2020.

    Ia menjelaskan hasil survei yang dilakukan tim BRI pada kuartal III-2020 mengindikasikan bahwa kegiatan UMKM mulai menggeliat dan memiliki optimisme perbaikan yang lebih tinggi di kuartal keempat nanti.

    Adapun indeks BMSI merupakan indeks yang secara resmi di launching hari ini. Ke depan BMSI akan dipublikasikan secara rutin setiap kuartal sehingga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan atau masukan bagi pengambil kebijakan publik di bidang bisnis di UMKM.

    "BMSI akan dipublikasikan secara rutin setiap kuartal sehingga dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi kebijakan publik," tutupnya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id