Pertamina Ganti Rugi Kerusakan 3.074 Rumah Akibat Kebakaran Kilang Balongan

    Suci Sedya Utami - 15 April 2021 21:06 WIB
    Pertamina Ganti Rugi Kerusakan 3.074 Rumah Akibat Kebakaran Kilang Balongan
    Pertamina menjamin mengganti kerusakan rumah, properti, fasilitas umum, dan fasilitas sosial serta pengobatan warga terdampak kebakaran kilang Balongan. Foto: dok. Pertamina.



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) merealisasikan komitmen pertanggungjawaban terkait insiden kebakaran tangki di area Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Perseroan mengganti kerusakan rumah, properti, fasilitas umum, dan fasilitas sosial serta pengobatan warga terdampak.

    Saat ini proses verifikasi rumah telah selesai dilakukan. Sebanyak 3.074 unit rumah telah dilakukan pencatatan dan pengukuran kerusakan oleh tim gabungan bentukan Pemda Indramayu.






    Pertamina akan melanjutkan proses dengan menentukan besaran penggantian biaya dan perbaikan kerusakan masing-masing unit rumah dengan mengacu pada besaran dari tim gabungan.

    "Pertamina telah memberikan uang ganti untuk perbaikan fasum fasos sebanyak 61 unit kepada perwakilan pengelola. Dan saat ini tengah dilakukan perbaikan secara swakelola," jelas Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical, PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya dalam keterangan resmi, Kamis, 15 April 2021.

    Sementara untuk empat korban luka bakar yang sebelumnya dirawat di RS Pertamina Balongan, kini telah kembali ke rumah dan melanjutkan pengobatan dengan rawat jalan.

    Sementara itu, masih ada lima korban luka bakar yang sedang menjalani perawatan intensif di Burn Unit RSPP dan dalam kondisi yang membaik. Selain perawatan maksimal kepada korban, Pertamina juga memberikan perhatian dan bantuan kepada keluarga pasien yang mendampingi saat perawatan di Jakarta, berupa pemenuhan kebutuhan konsumsi dan transportasi.

    Langkah penanganan juga telah dilakukan terhadap lebih dari 800 pengungsi yang telah dipulangkan kembali ke kediaman masing-masing setelah kondisi dinyatakan aman berdasarkan rekomendasi kajian.

    Pertamina berharap dukungan percepatan penyelesaian hasil verifikasi dari tim gabungan verifikasi agar bisa memulai proses penggantian biaya perbaikan rumah warga yang terdampak.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id