Cara Kemenaker Tekan Angka PHK Lewat Program Padat Karya

    Eko Nordiansyah - 16 November 2020 17:28 WIB
    Cara Kemenaker Tekan Angka PHK Lewat Program Padat Karya
    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto: MI/Moh. Irfan.
    Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) terus berupaya mencari cara untuk menekan angka pengangguran akibat Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK). Salah satunya adalah melalui program padat karya teknologi tepat guna di daerah.

    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan banyaknya pekerja yang di-PHK menjadi masalah yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Apalagi mereka yang di-PHK, sebagian dari pekerja yang mempunyai keluarga yang harus dibiayai.

    "Sehingga semakin tinggi tingkat pekerja yang di-PHK akan mempengaruhi jumlah kemiskinan di Indonesia. Kemenaker bertindak cepat untuk menekan jumlah pekerja PHK yang masih belum mempunyai pekerjaan dengan mencetuskan program padat karya," kata dia dalam keterangan resminya, Senin, 16 November 2020.

    Ia menjelaskan, program ini mendukung penempatan tenaga kerja dalam negeri melalui kegiatan padat karya yang merupakan kegiatan unggulan pemerintah. Program ini diharapkan bisa mengatasi para pekerja ter-PHK yang menjadi pengangguran.

    "Kegiatan ini adalah membangun sarana usaha produktif dan infrastruktur pedesaan secara bergotong royong sehingga menimbulkan manfaat bagi masyarakat desa," jelas dia.

    Menurut Ida, program padat karya teknologi tepat guna ini berkolaborasi dengan para pelaku usaha produktif yang ada di daerah. Dengan program ini diharapkan bisa membantu penanganan para penganggur maupun setengah penganggur yang ter-PHK.

    "Kegiatan ini dilakukan melalui pengolahan hasil pertanian dan maritim serta pembuatan hasil usaha industri kreatif dan jasa. Persentase penanganan penganggur dan setengah penganggur melalui sistem padat karya," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id