comscore

VIVA Bukukan Pendapatan Rp920,3 Miliar di Semester I-2021

Angga Bratadharma - 23 Desember 2021 21:30 WIB
VIVA Bukukan Pendapatan Rp920,3 Miliar di Semester I-2021
Ilustrasi. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Jakarta: PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) mencatatkan pendapatan sebesar Rp920,3 miliar di semester I-2021 atau meningkat sebanyak 5,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp874,1 miliar. Pencapaian itu di atas prediksi Media Partners Asia (MPA) Edisi Juni 2021 yang sebesar lima persen.

Selain itu, EBITDA VIVA mengalami perbaikan menjadi Rp75,5 miliar. Kinerja VIVA tersebut ditopang oleh performa dua stasiun TV FTA, yakni ANTV dan tvOne yang masih diminati masyarakat untuk mengakses hiburan dan informasi. Namun, VIVA menyadari bahwa digital adalah masa depan.
"Hal ini terlihat dengan pertumbuhan penetrasi internet secara eksponensial di masa pandemi covid-19 dan oleh karenanya VIVA terus mengembangkan portfolio digitalnya," kata Managing Director VIVA Arief Yahya, dalam Public Expose VIVA dan MDIA, Kamis, 23 Desember 2021.

"Kunci keberhasilan ANTV terletak pada konsistensi penerapan strategi program Scheduling, Content, Costing, and Branding (SC2B) sejak semester II-2021," klaim Arief Yahya.

ANTV, tambahnya, juga berkolaborasi dengan VIA dan content creator lokal lainnya, RANS dan Leslar yang memiliki digital follower besar untuk memproduksi konten dan tayang di ANTV, seperti program serial animasi Si AA dan program spesial Rangkaian Acara Menuju Pernikahan Leslar.

Sinergi digital follower content creator dan ANTV, lanjutnya, ditujukan untuk menambah jangkauan pemirsa muda sekaligus meningkatkan engagement pemirsa atas program-program yang tampil di layar kaca ANTV. ANTV juga bersinergi dengan Viva Digital Venture Company (VDVC) yang masih dalam satu naungan di dalam VIVA Group.

"Untuk memperkuat eksistensi ANTV di platform digital yang berhasil menaikkan subscriber pada YouTube Channel ANTV menjadi 2,8 juta subs atau tumbuh 20 persen tahun ini," tukasnya.

Menyadari bahwa transformasi digital merupakan suatu keniscayaan, masih kata Arief, VIVA fokus membangun dan memperkuat brand digital seluruh portfolio bisnisnya. Melalui VDVC, VIVA mengembangkan dua portfolio utama yaitu digital publisher dan Over The Top (OTT).

Di sisi lain, PT Intermedia Capital Tbk (MDIA) mencatat pendapatan sebesar Rp690,3 miliar di semester I-2021 atau tumbuh 11,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp616,8 di periode yang sama tahun sebelumnya.

Pertumbuhan tersebut lebih baik dari perkiraan pertumbuhan belanja iklan TV FTA dari Media Partners Asia edisi Juni 2021 yaitu lima persen. Pada periode tersebut, MDIA juga berhasil mencatatkan EBITDA Rp154,5 miliar atau naik 104,2 persen YoY dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya yang sebesar Rp75,7 miliar.

Pencapain itu membuat MDIA membukukan laba bersih sebesar Rp15,9 miliar atau meningkat dari yang dicatatkan pada semester I-2020 yang mengalami minus Rp18,5 miliar.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id