comscore

Siap-siap, Tarif 30 Ruas Tol Bakal Naik

Insi Nantika Jelita - 07 Juni 2022 18:59 WIB
Siap-siap, Tarif 30 Ruas Tol Bakal Naik
Ilustrasi gerbang tol Semanggi I - - Foto: MI/ Immanuel Atonius
Jakarta: Sebanyak 30 ruas jalan tol akan mengalami kenaikan tarif hingga akhir tahun ini. Kebijakan itu dilakukan secara bertahap dan menyesuaikan pemenuhan standar pelayanan minimal (SPM) jalan tol.

"Kalau tahun ini cukup banyak ya, lebih dari 30 ruas yang akan mengalami tarif adjustment. Ini secara bertahap dan nanti kita evaluasi," ucap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit, Selasa, 7 Juni 2022.

Namun demikian, ia belum membocorkan detail ruas tol mana saja yang akan naik.  Selain di Pulau Jawa, kenaikan tarif ruas tol akan diberlakukan di daerah Sumatra, Bali, hingga Sulawesi.
Adapun faktor penentu kenaikan tarif tol yakni berdasarkan laju inflasi. Di sisi lain, penyesuaian tarif juga dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan kelayakan dan keuntungan minimal yang disepakati dalam perjanjian pengusahaan jalan tol.

"Tergantung inflasi daerah. Misalnya, tol di Jawa Timur, kabupaten mana, kita menunggu data yang diterbitkan BPS. Jadi tergantung inflasi," terang Danang.

BPJT mencatat sebanyak empat ruas jalan tol dengan panjang 42,98 km telah diresmikan beroperasi sejak awal tahun ini. Untuk selanjutnya hingga akhir 2022 ditargetkan akan ada 16 ruas jalan tol baru yang siap diresmikan sepanjang 332 km.


Baca juga: Pemerintah Kebut Pembangunan 16 Jalan Tol Baru, Tahun Ini Rampung!

Danang menjelaskan, yang paling dekat adalah ruas Tol Cibitung-Cilincing (24,65 km) seksi 2 dan 3, dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways. Kedua, yang dalam proses uji laik fungsi adalah Tol Padang-Pekanbaru Seksi Pekanbaru-Bangkinang (31,0 km) dengan BUJT PT Hutama Karya.

"Terakhir yang juga sudah uji laik fungsi ruas Lubuk Linggau-Curup- Bengkulu seksi Bengkulu-Taba Penanjung 16,7 km dengan BUJT PT Hutama Karya," tuturnya.


Danang menyebutkan, untuk sisanya sebanyak 13 ruas lainnya ditargetkan penyelesaian tuntas hingga akhir Desember 2022. Hingga Desember ini, jalan tol yang beroperasi mencapai 2.955 km sehingga di 2024, total panjang jalan tol operasional akan mencapai 4.761 km. 


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id