comscore

Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro Capai Rp17,99 Triliun ke 5,37 Juta Pelaku Usaha

Eko Nordiansyah - 18 Desember 2021 15:21 WIB
Penyaluran Pembiayaan Ultra Mikro Capai Rp17,99 Triliun ke 5,37 Juta Pelaku Usaha
Ilustrasi. Foto: AFP/Bay Ismoyo.
Jakarta: Kementerian Keuangan mencatat secara kumulatif pembiayaan Ultra Mikro (UMi) telah melayani 5,37 juta pelaku usaha ultra mikro dengan nilai penyaluran lebih dari Rp17,99 triliun sejak digulirkan pada 2017 sampai dengan 15 Desember 2021. Program ini juga telah menjangkau 503 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

"Negara menyediakan dana ini karena ada pangsa dari masyarakat kita yang kalau dia punya ide dia tidak bisa langsung pergi ke bank. Maka negara menciptakan Badan Layanan Umum yang mengelola program investasi pemerintah," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan resminya, Sabtu, 18 Desember 2021.
Dalam Puncak Festival Pembiayaan Ultra Mikro (UMi), Sri Mulyani memberikan penghargaan kepada tiga penyalur, yaitu kategori kinerja terbaik kepada KSPPS Artha Bahana Syariah, Pati, Jawa Tengah, kategori penyalur dengan Suku Bunga Rendah/Marjin Terendah kepada KSPPS BMT Nusa Ummat Sejahtera, Semarang, Jawa Tengah, dan kategori penyalur dengan Digitalisasi Penyaluran Uang Elektronik kepada Koperasi Kopsyah Konsumen An-Nisa, Kota Batu, Malang.

"Para penyalur tadi yang tiga mendapatkan penghargaan hari ini merepresentasikan para penyalur yang kita andalkan bisa membimbing usaha kecil menengah itu. Saya berterima kasih pada sore hari ini kepada seluruh partner, para penyalur yang telah menyalurkan dana," ujar dia.

Untuk ke depannya, pembiayaan UMi yang cukup besar ini harus dibarengi dengan tata kelola yang baik dan bebas dari unsur KKN. Untuk itu, dalam Festival UMi kali ini juga dilakukan penandatanganan Piagam Pencanangan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi oleh Direktur Utama BLU-PIP dengan penyalur UMi.

"Diharapkan (para penyalur UMi) dapat mengedepankan pelayanan yang bersih dan berkualitas bagi debitur pembiayaan UMi yang pada muaranya berkontribusi pada peningkatan daya saing UMKM di Indonesia," ungkap Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Hadiyanto.

Direktur Utama BLU-PIP Ririn Kadariyah menyampaikan, Festival UMi ini dimaksudkan untuk memberikan apresiasi kepada para penyalur yang selama ini menjadi mitra PIP dalam menyalurkan pembiayaan UMi, kemudian para mitra kerja yang sudah berkerja sama menyukseskan berbagai program UMi dalam rangka mendorong peningkatan usaha para debitur UMi dan juga para debitur yang sudah kita ikutkan dalam berbagai kegiatan pelatihan, lelang dan sebagainya.

Festival UMi juga diisi dengan Focus Group Discussion (FGD) yang membahas tentang standarisasi BLU-PIP dalam mendampingi para pelaku usaha ultra mikro sekaligus ajang dengar pendapat untuk dapat membangun regulasi yang baik dan bermanfaat. Kegiatan FGD tersebut turut dihadiri para penyalur pembiayaan UMi guna mendapatkan kesepakatan bersama terkait dengan pendampingan yang akan dilakukan ke depannya.

"Pemberian motivasi, konsultasi terkait usaha, peningkatan kapasitas SDM, dan pengawasan terhadap debitur merupakan beberapa rancangan pedoman pendampingan yang akan dilakukan oleh BLU-PIP dalam menyalurkan pembiayaan UMi," pungkasnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id