Cara Reino Barack Tetap Bisa Beri THR di Masa Pandemi

    Nia Deviyana - 21 Juni 2020 11:40 WIB
    Cara Reino Barack Tetap Bisa Beri THR di Masa Pandemi
    Reino Barack dan Widya Saputra.
    Jakarta: Pengusaha muda Reino Barack tidak menampik jika pandemi covid-19 memberi tekanan yang cukup berat bagi perusahaan. Apalagi, masa pandemi berbarengan dengan momen Ramadan dan Idulfitri yang mana perusahaan diwajibkan untuk memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawan.

    Alhasil, banyak perusahaan terpaksa tidak bisa membayarkan THR karyawan.

    "Di masa pandemic, most of the sector itu kena, tanpa adanya income (pemasukan) dan hanya ada expense (biaya), terutama ada bulan puasa, lebaran, dan tentunya that related to THR, salary ke 13 dibayarkan saat itu, saya rasa banyak orang missed plan," ujarnya lewat program ngobras #NgobrolAsyik edisi spesial ditemani host Widya Saputra, dikutip Medcom.id, Minggu, 21 Juni 2020.

    Untungnya, Reino mengaku terbiasa menabung sehingga masalah pembayaran THR karyawan tidak menjadi beban di masa pandemi.

    "Saya kebetulan dari dulu implementasi THR, kalau kemarin kan (Lebaran) Mei, (enggak) tiba-tiba di bulan itu langsung dibayarkan. Kalau saya tipenya yang saving, jadi di Januari ke Desember salary dibagi 13. Maksudnya, surprisingly most of my friends, banyak my colleague yang nanya, 'lo THR gimana, gue sih nabung'. dan ternyata banyak yang enggak melakukan itu," tukasnya.

    Lebih lanjut Reino menilai pentingnya memilah-milah prioritas pengeluaran di masa pandemi.

    "In the end of the day, anything you really to manage your expenses costing. Barang-barang yang tidak diperlukan ya jangan terlalu 'berfoya-foya'," saran dia.

    Menurut Reino, penting untuk bisa saling memahami bahwa kondisi sulit di masa pandemi ini juga dialami banyak pihak.  

    "Banyaklah orang yang nanyain sama supplier bagaimana, sama bank bagaimana? Maksudnya, ini kan bukan terjadi karena kesalahan satu pihak. It's a condition! So make sure semua orang ada di satu pihak yang sama. Jadi ya kalau perusahaan enggak bisa understand each other, maybe they've lost the humanitarian aspect," pungkasnya.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id