Asyik, Seluruh ASN, TNI/Polri, Pensiunan hingga Pejabat Negara Bakal Dapat THR Tahun ini

    Eko Nordiansyah - 29 April 2021 15:00 WIB
    Asyik, Seluruh ASN, TNI/Polri, Pensiunan hingga Pejabat Negara Bakal Dapat THR Tahun ini
    Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR). Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) mengenai pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pensiunan, hingga pejabat negara tahun ini. Hal ini sebagaimana diatur dalam PP Nomor 63 Tahun 2021.

    Dilansir dari Nota Dinas Nomor ND-134/PB/2021 yang ditandatangani Direktur Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Hadiyanto, Kamis, 29 April 2021, didalamnya diatur mengenai petunjuk teknis mengenai pelaksanaan pembayaran THR Tahun ini.






    Pemberian THR yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk tahun ini diberikan kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan. Namun THR tidak diberikan kepada PNS, prajurit TNI, dan anggota Polri yang sedang cuti di luar tanggungan negara.

    Kepada PNS, PPPK, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik, dan Pegawai Non-Pegawai Aparatur Sipil Negara yang bertugas pada Lembaga Penyiaran Publik, diberikan gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum;

    Sementara bagi wakil menteri diberikan setinggi-tingginya sebesar 85 persen dari tunjangan hari raya yang diberikan kepada menteri, dan kepada staf khusus di lingkungan kementerian/lembaga dan pejabat yang hak keuangan atau hak administratifnya disetarakan atau setingkat dengan Menteri, Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator, atau Pengawas diberikan setinggi-tingginya sebesar tunjangan hari raya yang diberikan kepada pejabat yang setara atau setingkat hak keuangannya atau hak administratifnya.

    Lalu kepada Hakim Ad hoc diberikan sebesar tunjangan Hakim Ad hoc sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Kepada pimpinan dan anggota LNS, serta pegawai nonpegawai ASN yang bertugas pada instansi pemerintah termasuk pada LNS dan Perguruan Tinggi Negeri Baru diberikan sebesar tunjangan hari raya yang meliputi penghasilan atau dengan sebutan selainnya yang diterima setiap bulan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dengan besaran setinggi-tingginya sesuai dengan lampiran PMK.

    Sementara kepada calon PNS diberikan 80 persen dari gaji pokok PNS, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan umum, sesuai jabatannya dan/atau pangkat golongan/ruangnya.

    Kepada pensiunan dan penerima pensiun diberikan pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tambahan penghasilan, dan kepada penerima Tunjangan diberikan sebesar tunjangan yang diterima oleh penerima tunjangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id