Membina UMKM Naik Kelas, Mengabdi di Masa Pandemi

    Desi Angriani - 21 Oktober 2020 21:06 WIB
    Membina UMKM Naik Kelas, Mengabdi di Masa Pandemi
    Pertamina membina UMKM agar naik kelas di masa pandemi. Foto: dok Pertamina.
    Jakarta: Membina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sama halnya dengan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Sebab, sektor ini berkontribusi sebanyak 60 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

    Maka tak salah UMKM disebut sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Namun, keberadaan usaha mikro ini kini tergerus oleh dampak pandemi covid-19. Mayoritas pendapatan UMKM turun drastis. Bahkan sebagian terpaksa gulung tikar lantaran lesunya daya beli masyarakat.

    Demi menyokong negeri di masa pandemi, PT Pertamina (Persero) tak tanggung-tanggung memberikan berbagai dukungan bagi UMKM Tanah Air. Mulai dari bantuan modal pembiayaan, menyerap produk UMKM, hingga memberikan pelatihan untuk memasarkan produk.

    Rupanya bentuk pembinaan ini bukan hanya dilakukan perusahaan migas pelat merah saat pandemi. Namun, program kemitraan Pertamina tersebut sudah bergulir sejak 1993 lalu.

    Hal tersebut sejalan dengan tugas BUMN yang diamanatkan tak hanya menjaga kedaulatan energi nasional tapi juga mengemban tugas menjaga perekonomian Indonesia dengan menghidupkan dan menjaga kelangsungan UMKM dalam berbagai kondisi.

    "Sebagai BUMN sesuai yang diamanatkan dalam UU BUMN, kita juga harus membantu membina UMKM," kata Dirut Pertamina Nicke Widyawati dalam acara Primetime Metro TV, 14 September 2020 lalu.

    Adapun Pertamina memiliki 63 ribu mitra binaan UMKM di tujuh bidang industri. Di antaranya jasa, perdagangan, peternakan, perikanan, pertanian, perkebunan, dan lainnya.
     

    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id