Fokus Bangun PLTS, Pertamina Targetkan Penggunaan Listrik EBT 50 MW

    Suci Sedya Utami - 18 Februari 2021 11:32 WIB
    Fokus Bangun PLTS, Pertamina Targetkan Penggunaan Listrik EBT 50 MW
    Pemasangan PLTS di kilang Pertamina - - Foto: MI/ Lilik Darmawan



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) memasang sejumlah Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di beberapa wilayah operasionalnya. Upaya ini bisa mendorong tercapainya target bauran energi baru terbarukan (EBT) di Tanah Air.

    Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis PT Pertamina Power Indonesia (PPI) Said Riza Pahlevy mengatakan pihaknya menargetkan pemasangan dan penggunaan energi baru terbarukan termasuk PLTS pada operasional di lingkungan internal mencapai 50 megawatt (MW). PLTS akan dipasang di kilang maupun Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU).




    "Kami pada tahun ini memang akan fokus menyelesaikan pembangunan proyek PLTS ini. Ada beberapa yang skala besar dan ada juga yang skala kecil yang akan kami pasang di tiap tiap SPBU, Kilang dan komplek perumahan Pertamina," ujar Riza dalam webinar, Jakarta, Rabu, 17 Februari 2021.

    Untuk skala kecil, akan dibangun di Terminal BBM dan SPBU. Ia menyebut setidaknya ada 63 SPBU Coco yang dipasangkan PLTS Atap yang  tersebar di 37 titik SPBU yang terletak di wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat, 11 titik SPBU di Jawa Tengah dan 15 titik SPBU di Jawa Timur. Saat ini sudah ada 52 SPBU yang terpasang PLTS ini.

    "PLTS Pertamina di 52 SPBU sebesar 0,26 MW. Sekarang sedang tahap operasi," ujar dia.

    Sementara untuk skala besar, pihaknya telah mengoperasikan PLTS Badak yang terletak di wilayah operasi LNG Bontang. PLTS tersebut berkapasitas 4 MW yang dibangun di lahan seluas empat hektare. Riza mengatakan sejak pengoperasian PLTS ini, perseroan bisa menghemat biaya listrik sebesar Rp900 juta.


    Adapun PLTS yang masih dalam tahap konstruksi yakni yang berada di Kilang Dumai dan Kilang Cilacap. Untuk PLTS Dumai kapasitasnya sebesar dua MW yang akan digunakan untuk memasok listrik di kilang tersebut.

    Sedangkan untuk PLTS Cilacap kapasitasnya sebesar 1,34 MW. Selain untuk memasok kelistrikan Kilang Cilacap, pasokan listrik dari PLTS Cilacap juga akan disalurkan untuk operasional perumahan dan rumah sakit warga sekitar.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id