Ratusan Petani Agam Terima KUR dari BNI Rp30 Miliar

    Gervin Nathaniel Purba - 10 Mei 2021 08:56 WIB
    Ratusan Petani Agam Terima KUR dari BNI Rp30 Miliar
    Ilustrasi petani. (Foto: Antara/Amas Padda)



    Agam: Sebanyak 128 petani di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah menerima kredit usaha rakyat (KUR) yang disalurkan oleh Bank BNI. Secara keseluruhan, BNI telah mengucurkan sebanyak Rp30,7 miliar kepada petani tersebut selama Januari hingga Maret 2021.

    “Penyaluran KUR ke sektor pertanian menjadi salah satu strategi tumpuan dalam masa covid-19,” ujar Pemimpin Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri Iwan Affandi, dikutip keterangan tertulis, Senin, 10 Mei 2021.

     



    Mengingat pentingnya KUR bagi petani, Iwan mengajak para petani lain untuk segera memanfaatkan fasilitas KUR. Terlebih, KUR diharapkan dapat menunjang aktivitas pertanian di sana. 

    Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNI yang telah menyalurkan KUR.

    “Sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dalam kunjungannya ke Sumatera Barat, di mana disampaikannya bahwa pemerintah mendukung sektor pertanian dengan penyaluran KUR di Sumatera Barat,” ujar Audy.

    Pada kesempatan terpisah, Mentan Syahrul menjelaskan, KUR akan berguna untuk hilirisasi pascapanen, sehingga petani tidak hanya menjual gabah saja. Namun juga bisa menjual beras.
     
    "Penggilingan beras di desa-desa harus ditumbuhkan," ucap Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dikutip siaran pers, Jumat, 23 April 2021.
     
    Tujuan KUR di antaranya untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil dan menengah serta mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

    "Pemerintah terus mendorong petani dan perusahaan penggilingan beras untuk memanfaatkan fasilitasi KUR agar bisa memperbesar skala usahanya. Selain itu, KUR dapat digunakan untuk merevitalisasi alat dan mesin pertanian yang berguna dalam peningkatan efisiensi biaya produksi," ucap Syahrul.
     


     


    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id