Kepastian Ketersediaan Pangan Bangun Optimisme di Masa Pandemi

    Ilham wibowo - 30 September 2020 19:57 WIB
    Kepastian Ketersediaan Pangan Bangun Optimisme di Masa Pandemi
    Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat. Foto: Medcom.id/Arga Sumantri.
    Jakarta: Pemerintah diminta menginformasikan kondisi ketahanan pangan nasional di tengah potensi hantaman krisis sektor kesehatan, ekonomi, dan sosial saat ini. Informasi tersebut diharapkan bisa meningkatkan optimisme di tengah masa pandemi covid-19.

    "Di masa pandemi dengan potensi krisis di sejumlah sektor, perlu kejelasan ketersediaan pangan sebagai kebutuhan dasar masyarakat," kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka Forum Diskusi Denpasar Duabelas bertema Menakar Ketahanan Pangan di Masa Pandemi dan Ancaman Resesi, Rabu, 30 September 2020.

    Dengan cukup tersedianya kebutuhan dasar masyarakat, menurut Lestari setidaknya akan membangun optimisme di tengah wabah covid-19 yang terus merebak di Tanah Air.

    Meski kondisi ketersediaan pangan cukup baik, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, namun faktanya saat ini kita masih berhadapan dengan masalah dasar seperti kekurangan gizi dan stunting.

    Berdasarkan kondisi tersebut, Legislator Partai NasDem itu berharap Pemerintah juga memperhatikan pemanfaatan produk-produk pangan yang berkualitas baik dan tepat untuk mengatasi masalah kekurangan gizi di tengah masyarakat.

    Mentan Syahrul Yasin Limpo menegaskan kebutuhan pangan tidak bisa ditunda, dengan terjaminnya ketersediaan pangan bisa mewujudkan stabilitas di sebuah negara. "Hingga Desember 2020 kebutuhan pangan dasar yang harus disiapkan Pemerintah dalam kondisi aman," tegas Syahrul.

    Bahkan, tambah dia, di tengah pandemi covid-19 ini Pemerintah tidak hanya berharap dari produksi beras pada dua musim tanam setiap tahun, tetapi juga melakukan pengembangan lahan rawa untuk perluasan area tanam.

    Selain itu Pemerintah juga mendorong untuk diversifikasi tanaman pangan lokal dan membangun lumbung pangan nasional untuk memperkuat cadangan pangan.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id