Pemerintah Lanjutkan PPKM Level 4 di 45 Kabupaten/Kota Luar Jawa-Bali

    Eko Nordiansyah - 02 Agustus 2021 21:25 WIB
    Pemerintah Lanjutkan PPKM Level 4 di 45 Kabupaten/Kota Luar Jawa-Bali
    Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: tangkapan layar Youtube.



    Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level empat di luar Jawa-Bali. Penerapan PPKM level empat diberlakukan di 45 kabupaten/kota di 21 provinsi.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, ada 20 provinsi di luar Jawa-Bali yang mengalami kenaikan kasus. Untuk itu, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM level empat hingga 9 Agustus 2021.

     



    "Karena kami konsentrasi pada kabupaten/kota yang naik di luar Jawa-Bali ada 21 provinsi dan 45 kabupaten/kota (PPKM) level empat dan dilanjutkan," kata dia dalam video conference, Senin, 2 Agustus 2021.

    Ia menambahkan, kenaikan kasus covid-19 di antaranya terjadi di Sulawesi Tengah, Riau, Sumatra Utara, Gorontalo, dan Kalimantan Barat. Meski begitu, Airlangga menyebut ada beberapa provinsi yang mengalami penurunan kasus.

    "Beberapa provinsi yang turun di Nusa Tenggara Timur (NTT) kecuali Kabupaten Sikka, Lampung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Tengah," ungkapnya.

    Sementara itu, sejumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan kasus covid-19 dalam beberapa waktu ini di antaranya adalah Medan, Makassar, Banjarmasin, Pekanbaru, Banjar Baru, Tarakan, Jayapura, Sikka, Berau, dan Belitung.

    "Karena Medan hampir seluruhnya menjadi rujukan di Sumatra Utara. Ini adalah daerah-daerah yang kenaikan tinggi dan pemerintah memberikan prioritas pada daerah tersebut," pungkas dia.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id