Selamatkan Garuda, Erick Thohir Minta Fokus ke Penerbangan Domestik

    Suci Sedya Utami - 02 Juni 2021 16:20 WIB
    Selamatkan Garuda, Erick Thohir Minta Fokus ke Penerbangan Domestik
    Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto: Medcom.id/Farhan



    Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta Garuda Indonesia dan Citilink untuk fokus pada penerbangan domestik. Upaya ini merupakan salah satu ikhtiar menyelamatkan bisnis maskapai penerbangan pelat merah tersebut yang terjerat utang Rp70 triliun.

    Erick mengatakan, sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi domestik pasar yang sangat besar. Masyarakat hanya memiliki dua opsi menggunakan moda transportasi laut atau udara untuk menuju satu pulau ke pulau lain, tidak bisa melaju ke depan.

     



    "Ke depan, Garuda dan Citilink akan fokus pada domestik market, bukan internasional market. Kita bukan bisnis gaya-gayaan mau terbang ke luar negeri," kata Erick dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Rabu, 2 Juni 2021.

    Ia mengatakan Indonesia berbeda dengan Singapura, Qatar, dan Uni Emirat Arab secara luas negara. Ketiga, negara yang memiliki maskapai internasional kelas wahid itu hanya memiliki luas negara relatif kecil. Sedangkan Indonesia, luasnya berkali-kali lipat dari negara-negara tersebut. Hal ini lah yang menjadi nilai plus bagi Indonesia.

    "Negara mereka cuma segitu, mau terbang ke mana? Kalau kita dari ujung ke ujung lengkap. Kita patut bersyukur bagaimana Garuda masih bisa sustain, harapannya ada karena kita negara kepulauan dan pasar domestik kita kuat," ujar Erick.

    Lebih lanjut Erick menambahkan, berdasarkan data, pariwisata Indonesia didominasi oleh wisatawan domestik yakni sekitar 78 persen. Dari devisa di sektor pariwisata yang mencapai Rp1.400 triliun, wisatawan asing hanya menyumbang 22 persen atau sekitar Rp300 triliun.

    "Kalau kita bicara bisnis, ya ini (domestic) market-nya, bukan yang itu (luar negeri) market-nya. Tentu kita harus melakukan terobosan dan perbaikan, tidak mungkin didiamkan," pungkasnya.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id