Pengusaha Mal Pasrah PPKM Terus Diperpanjang

    Annisa ayu artanti - 03 Agustus 2021 13:03 WIB
    Pengusaha Mal Pasrah PPKM Terus Diperpanjang
    Ilustrasi pusat perbelanjaan sebelum penerapan PPKM - - Foto: dok Shutterstock



    Jakarta: Pengusaha pengelola pusat perbelanjaan sudah pasrah terhadap keputusan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan tersebut kembali diperpanjang di Jawa dan Bali mulai 3-9 Agustus 2021.

    Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan perpanjangan ini semakin memprihatinkan bagi kegiatan usaha.

     



    "Pemberlakuan perpanjangan kembali PPKM berdasarkan level semakin mengkhawatirkan akan terus berkepanjangan," katanya kepada Medcom.id, Selasa, 3 Agustus 2021.

    Ia berujar, penerapan PPKM yang terus berlanjut akan semakin memperluas peluang pengusaha untuk melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya demi mengurangi beban perusahaan.

    "Penutupan usaha yang terus berkepanjangan akan mengakibatkan kembali banyak PHK," ucapnya.

    Karena itu, pengusaha sulit mempertahankan jumlah karyawan selama PPKM diterapkan, karena kegiatan usaha yang dibatasi.


    "Sudah tidak bisa berbuat apa-apa lagi karena memang usaha ditutup. Tidak ada yang banyak bisa dilakukan jika terus menerus ditutup," tegasnya.

    Pemerintah kembali memperpanjang PPKM level empat di Jawa dan Bali mulai 3-9 Agustus 2021. Beberapa kabupaten kota di tujuh provinsi tercatat masih akan menerapkan PPKM level empat.

    Dalam aturan PPKM yang tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Coronavirus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali, pusat perbelanjaan atau mal masih ditutup sementara kecuali akses untuk pegawai toko yang menjual secara online.

    Tenant-tenant pada pusat perbelanjaan juga hanya dibuka sebagian seperti restoran, kafe, dan supermarket. Restoran dan kafe hanya menerima delivery atau take away.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id