Teknologi Digital Jadi Kunci Keberhasilan IKM

    Antara - 22 Juni 2021 08:46 WIB
    Teknologi Digital Jadi Kunci Keberhasilan IKM
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa teknologi digital menjadi kunci keberhasilan Industri Kecil Menengah (IKM) karena akan mampu meningkatkan efisiensi maupun efektivitas. Hal itu juga sejalan dengan perkembangan di teknologi informasi.

    "Saat ini harus bisa mengintegrasikan industri ke digital ke arah efisiensi dan efektivitas," ujarnya, usai mengikuti 'Workshop e-Smart Logam Mesin Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Jawa Timur' yang dilaksanakan Direktorat Jenderal l Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian secara daring, dilansir dari Antara, Selasa, 22 Juni 2021.

     



    Emil Dardak berharap workshop tersebut merupakan langkah konkret bagi pelaku IKM dalam upaya mengintegrasikan e-Smart. "Dimulai dari paling hilir seperti pemasaran, lalu ke hulu dalam hal supply chance sourcing. Hal-hal ini akan bisa dilakukan dengan lebih efisien lagi kalau bisa memaksimalkan bisnis proses yang berbasis digital," ucap dia.

    Suami Arumi Bachsin tersebut juga menyampaikan pentingnya teknologi digital akan memungkinkan persaingan yang lebih luas. "Kadang-kadang banyak yang merasa bahwa ya sudah begini saja, padahal sebenarnya bertahan belum tentu bisa survive, karena teknologi digital ini semakin memungkinkan persaingan," kata Emil Dardak.

    Mantan Bupati Trenggalek tersebut juga menyampaikan bahwa Pemprov Jatim siap bersinergi dengan Kementerian Perindustrian dalam upaya mendorong e-Smart bagi pelaku IKM di wilayah setempat. "Semoga berlanjut dengan langkah-langkah konkret dan terukur. Kami dari Pemprov Jatim tentunya senantiasa selalu siap untuk bekerja sama," tutur dia.

    Sementara itu, sekitar 300-an pelaku IKM di Jawa Timur mengikuti rangkaian Workshop e-Smart untuk mempercepat tumbuhnya 6,1 juta UMKM digital di Tanah Air.

    Materi berupa pembuatan konten video pemasaran daring, tips dan trik pembuatan foto produk, pemanfaatan marketplace untuk pemasaran dan dalam rangka pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta mengenai sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Pasar Digital BUMN.

    Workshop e-Smart IKM Provinsi Jawa Timur diikuti oleh 300 IKM, yang rincian-nya 100 peserta hadir secara luring, dan 200 peserta hadir melalui daring.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id