Bangun Rel Kereta Api Makassar-Parepare, PTPP Dapat Pembiayaan Sindikasi

    Husen Miftahudin - 04 Juni 2021 12:11 WIB
    Bangun Rel Kereta Api Makassar-Parepare, PTPP Dapat Pembiayaan Sindikasi
    Ilustrasi jalur kereta api. Foto: dok KAI.



    Jakarta: PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PTPP melalui entitas asosiasi, PT Celebes Railway Indonesia (CRI) telah melakukan penandatanganan fasilitas sindikasi pinjaman berjangka senior dan pembiayaan musyarakah mutanaqisah (MMq).

    Akad musyarakah mutanaqisah adalah akad kerja sama antara dua pihak dalam kepemilikan aset. Adapun porsi kepemilikan salah satu pihak berkurang disebabkan adanya pembelian secara bertahap oleh pihak lainnya (hishshah).

     



    Total pembiayaan sindikasi dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) tersebut sebesar Rp693,83 miliar. Pembiayaan ini akan digunakan CRI untuk pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare beserta infrastruktur pendukungnya.

    "Kami yakin dana yang dihimpun dari sindikasi pembiayaan ini akan sangat berguna untuk mempercepat pembangunan proyek jalur Kereta Api Makassar-Parepare beserta infrastruktur pendukungnya," ucap Direktur Utama PTPP Novel Arsyad dalam siaran persnya, Jumat, 4 Juni 2021.

    Penandatanganan fasilitas sindikasi tersebut ditandatangani oleh CRI, dan para lender yang terdiri dari PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI, dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

    Novel pun memastikan bahwa pihaknya berkomitmen untuk menyelesaikan program infrastruktur nasional tersebut. Namun juga harus dibarengi dengan strategi pendanaan yang konservatif.

    "Proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare ini diharapkan dapat memberikan dampak langsung maupun tidak langsung pada percepatan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat di Provinsi Sulawesi Selatan," tutur Novel.

    Proyek pembangunan jalur Kereta Api Makassar-Parepare merupakan proyek pembangunan kereta api pertama di Indonesia yang menggunakan skema KPBU dan skema pembayaran ketersediaan layanan.

    Jalur kereta api tersebut ditargetkan dapat beroperasi secara komersial pada 2022 untuk melayani wilayah Sulawesi Selatan yang meliputi lima kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kabupaten Barru, Kota Makassar, dan Kota Parepare.

    "Nantinya, jalur Kereta Api Makassar-Parepare tersebut akan berperan sebagai sarana transportasi untuk mendukung permintaan angkutan penumpang dan perpindahan barang serta membangun konektivitas nasional," tutup Novel.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id