Peternak Banyumas Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban

    Antara - 14 Juli 2021 18:30 WIB
    Peternak Banyumas Kebanjiran Pesanan Hewan Kurban
    Peternakan Sapi. Foto : MI.



    Banyumas: Peternak sapi dan kambing di Desa Datar, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Kelompok Tani Ternak Cablaka kebanjiran pesanan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduladha 1442 Hijriah.

    "Alhamdulillah penjualan (sapi untuk kurban) saat puncak-puncaknya hampir sama seperti tahun kemarin. Cuma biasanya sudah habis (dipesan), tapi ini masih tersisa 11 ekor, InsyaAllah sih akan habis terjual," kata Sekretaris Kelompok Tani Ternak Cablaka, Januar Ahmad, dikutip dari Antara, Rabu, 14 Juli 2021.

     



    Sementara untuk kambing, kata dia, sudah habis terjual dari total yang tersedia sebanyak 76 ekor milik kelompok dan 11 ekor milik relasi. Terkait dengan stok sapi, dia mengatakan dari 86 ekor yang disiapkan di kandangnya telah terjual seluruhnya.

    "Sedangkan di kandang rekanan yang isinya sekitar 240 ekor, saat ini masih tersisa 11 ekor. InsyaAllah akan habis karena saat ini masih banyak permintaan," kata dia yang juga Sekretaris Desa Datar.

    Bahkan, kata dia, pihaknya juga membantu menjualkan sapi-sapi lokal milik petani di Desa Datar yang ditawarkan dengan kisaran harga Rp20 juta hingga Rp22 juta per ekor. Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya mempersilakan pemilik sapi itu untuk membuat kesepakatan harga sendiri dengan calon pembelinya.

    "Kalau sapi-sapi yang kami sediakan, berasal dari Kupang dan Madura. Hanya saja untuk sapi Kupang ukurannya saat ini kecil-kecil karena mungkin terdampak banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu," jelasnya.

    Disinggung mengenai harga jual, pria yang akrab disapa Juned itu mengatakan untuk kambing berkisar Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta per ekor. Sedangkan untuk sapi Kupang berkisar Rp17 juta hingga Rp18 juta dan sapi Madura berkisar Rp27 juta hingga Rp30 juta per ekor.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id