comscore

MoU Kedaluwarsa, Pemerintah Belum Bisa Tempatkan Pekerja Indonesia di Perkebunan Sawit Malaysia

Desi Angriani - 06 Desember 2021 14:09 WIB
MoU Kedaluwarsa, Pemerintah Belum Bisa Tempatkan Pekerja Indonesia di Perkebunan Sawit Malaysia
Ilustrasi. Foto: MI/Aris Munandar
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyebut pemerintah belum bisa menempatkan pekerja Indonesia di perkebunan sawit Malaysia. Pasalnya, MoU Penempatan dan Perlindungan Pekerja Domestik sudah habis sejak 2016.

"Nah, ini kan MoU sudah habis di 2016 dan harus diperbaharui. Kita lakukan pembahasan dan penandatanganan ulang untuk membangun tata kelola penempatan PMI (Pekerja Migran Indonesia). Payung besar hukum terkait dengan pekerja migran rumah tangga atau domestik harus diselesaikan dulu agar semua bisa teratasi," ucap Ida dalam siaran persnya, Senin, 6 Desember 2021.

 



Ia menjelaskan persoalan penempatan PMI di Negeri Jiran tidak hanya terkait perkebunan sawit, tapi sektor lain yang menyangkut pekerja domestik. Karena itu, Indonesia belum bisa memenuhi permintaan Malaysia untuk menempatkan 32 ribu pekerja Indonesia di perkebunan sawit mereka.

"Nah, ini harus selesai dulu. MoU ini harus ditandatangani, baru masalah lain mengikuti itu. Kami ingin agar perlindungan pekerja migran kita lebih baik lagi dan lebih diseriusi," jelas dia.

Berdasarkan catatan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, terdapat 3,1 juta PMI di Malaysia. Namun catatan lain dari KBRI di Malaysia menyebut jumlah PMI di sana berkisar antara 2,5 juta-2,7 juta. Sayangnya, lebih dari 50 persen tidak memiliki dokumen keimigrasian.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id